Sukses

Liburan Usai, Orangtua Siswa Berburu Perlengkapan Sekolah

Para orangtua siswa mulai memburu perlengkapan sekolah anak, mulai seragam hingga alat tulis.

Liputan6SCTV, Jakarta - Liburan hampir usai, aktivitas belajar mengajar di sekolah sudah di depan mata. Artinya, para orangtua sudah mulai mempersiapkan alat tulis hingga seragam sekolah baru untuk sang anak bersekolah. Toko perlengkapan sekolah pun ramai diburu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (9/7/2017), situasi toko perlengkapan sekolah di Cipulir, Jakarta Selatan, dipadati oleh pembeli. Para orangtua memburu seragam sekolah untuk anak mereka. Sementara para pedagang terlihat kewalahan melayani pembeli yang membludak.

Harga yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 57.000 untuk seragam SD, Rp 60.000 untuk seragam SMP, hingga Rp 63.000 untuk seragam SMA.

Jelang masuk sekolah pada Senin, 10 Juli besok, penjualan seragam sekolah meningkat lebih dari seratus persen. Khusus di Ibukota, pembelian seragam sekolah bisa dibayar dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang merupakan kartu bantuan dari pemerintah.

Selain seragam, peralatan sekolah juga banyak diburu. Di Pasar Pagi Mangga Dua misalnya, toko alat tulis yang terletak di lantai dasar dipadati pembeli. Toko-toko tersebut selalu ramai menjelang hari masuk sekolah karena cukup lengkap, dan harga yang ditawarkan relatif terjangkau. Namun, tahun ini pedagang mengeluhkan penjualan yang menurun di banding tahun lalu.