Sukses

Citarum Bestari, Jurus Aher Atasi Masalah Sungai di Jabar

Aher menjelaskan Citarum Bestari merupakan program unggulan untuk menyelesaikan permasalahan sungai Citarum yang sering kotor karena limbah

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengaku memiliki program unggulan untuk membersihkan sungai yang kotor. Program itu diberi nama Citarum Bestari.

Aher menjelaskan Citarum Bestari merupakan program unggulan untuk menyelesaikan permasalahan sungai Citarum yang sering kotor karena limbah industri.

"Dengan (program) Citarum Bestari ini, Alhamdulillah sebagian besar sungai sudah bisa ditanami ikan, sampah fisiknya sangat jauh berkurang dibanding sebelum ada program ini," kata Aher ditemui usai acara Niwasista Tantra Award 2017 di Gedung Manggala Bhakti Jakarta Selatan, Sabtu (8/7/2017).

Selain itu, Aher bersama Pemprov Jawa Barat juga membuat terowongan Curug Jompong untuk menanggulangi banjir di Jabar.

"Terobosan lain yang juga mudah-mudahan selesai pada tahun 2018-2019 yaitu membuat terowongan Curug Jompong untuk menanggulangi banjir," jelas dia.

Aher berharap Jawa Barat dapat menang dalam lomba tersebut. Pasalnya, pada tahun 2016, Jabar berhasil menduduki posisi kedua setelah Jawa Timur.

"Tahun lalu nomor 2 ya setelah Jawa Timur. Mudah-mudahan sekarang bisa nomer satu," pungkas Aher.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga menyampaikan presentasi terkait Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) Provinsi DKI Jakarta.

Djarot mempresentasikan kebijakan-kebijakan Pemprov DKI dalam mengelola lingkungan hidup di Ibu Kota. Lima aspek yang dipaparkan Djarot adalah, aspek kebersihan sungai, waduk, taman, pengolahan sampah, dan masalah masalah transportasi. Kemudian pemukiman yang lebih sehat dan masalah banjir.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.