Sukses

Penyebab Jatuhnya Helikopter Basarnas Masih Diselidiki

Tim gabungan Basarnas dan KNKT terus lakukan penyelidikan terkait penyebab jatuhnya helikopter Basarnas di Gunung Butak, Jawa Tengah.

Fokus Indosiar, Temanggung - video:Penyebab Jatuhnya Helikopter Basarnas Masih Diselidiki

Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terus melakukan penyelidikan helikopter Basarnas yang jatuh di Gunung Butak, Temanggung, untuk mengetahui penyebab jatuhnya helikopter tersebut. Saat ini tim telah berhasil menemukan kotak hitam atau black box dan berencana mengevakuasi reruntuhan helikopter dari lokasi kejadian.

Seperti ditayangkan Fokus Sore Indosiar, Senin (3/7/2017), bangkai helikopter Basarnas yang jatuh berada di lereng Gunung Butak masih dibiarkan hingga Senin sore, lantaran tim Basarnas dan KNKT masih mengutamakan penyelidikan. Hasil penyelidikan di lapangan akan melengkapi data flight recorder dan rencanannya proses evakuasi puing helikopter akan dilakukan tim, jika proses investigasi telah selesai.

Sementara itu tim evakuasi gabungan yang terdiri dari petugas BPBD, Basarnas, TNI dan Polri telah mengevakuasi sejumlah bagian helikopter yang jatuh di Gunung Butak, Jawa Tengah, salah satunya adalah black box yang merupakan alat perekam komunikasi pilot helikopter.

Helikopter Basarnas yang membawa empat kru dan empat tim Basarnas menabrak Gunung Butak pada Minggu, 2 Juli 2017. Saat itu helikopter Basarnas tengah ditugaskan untuk membantu evakuasi korban insiden semburan Kawah Sileri, setelah melakukan bertugas selama arus mudik Lebaran.