Sukses

Polisi: Kondisi Jalur Selatan Jateng Layak Dilintasi Pemudik

Bahkan, ruas jalan nasional antara Ajibarang, Kabupaten Banyumas, dan Brebes itu lebih layak jika dibanding kondisi tahun-tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Purwokerto - Kepadatan arus balik di jalur selatan Jawa Tengah (Jateng), khususnya yang melintasi Kabupaten Banyumas mulai berkurang. Demikian disampaikan Kepala Kepolisian Resor Banyumas AKBP Azis Andriansyah.

"Dua hari yang lalu (Rabu malam) terjadi arus balik yang cukup tinggi sehingga anggota kami harus bertahan di lapangan hingga Kamis pagi untuk mengurai antrean kendaraan itu," kata dia di Purwokerto Ibu kota Kabupaten Banyumas, Sabtu (1/7/2017).

Akan tetapi volume arus balik Lebaran pada Jumat (30/6) malam, kata dia, kepadatannya berkurang sehingga pada pukul 00.00 WIB dapat terurai.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya tetap mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan volume arus balik pada Sabtu malam yang sebelumnya diprediksi sebagai puncak arus balik. Meskipun berdasarkan analisis di lapangan pada Rabu 28 Juni malam hingga Kamis 29 Juni pagi terjadi peningkatan volume kendaraan yang cukup tinggi.

Menurutnya, prediksi puncak arus balik tersebut muncul karena Senin 3 Juli merupakan hari pertama masuk kerja pascacuti bersama lebaran sehingga tidak menutup kemungkinan pemudik akan memanfaatkan arus balik pada Sabtu hingga Minggu 2 Juli dini hari.

"Kami akan memantau kondisi arus balik di jalur selatan mulai dari wilayah Solo, Yogyakarta, Purworejo, dan Kebumen. Jika terjadi peningkatan, malam ini kami harus siap-siap melakukan pengamanan," katanya, seperti dilansir Antara.

Aziz mengatakan, jika kondisi jalan penghubung jalur selatan Jateng menuju jalur pantura sebenarnya sudah layak. Bahkan, ruas jalan nasional antara Ajibarang, Kabupaten Banyumas, dan Brebes itu lebih layak jika dibanding kondisi tahun-tahun sebelumnya.

Akan tetapi dari sisi kapasitas, lanjut dia, volume kendaraan yang melintas di ruas jalan itu melebihi kapasitas riil.

"Kendaraan tetap bergerak, tidak menumpuk. Ajibarang yang biasanya macet hingga Karanglewas, tahun ini tidak sampai melebihi Pospam Ajibarang," beber dia.

Ia mengakui antrean kendaraan yang terjadi di jalur Ajibarang-Brebes akibat adanya penyempitan ruas jalan (bottle neck) sehingga pihaknya memberlakukan sistem buka-tutup untuk membuka simpul-simpul kemacetan.

Disinggung mengenai angka kecelakaan selama arus mudik hingga balik di Banyumas, Kapolres mengaku optimistis jumlahnya turun drastis jika dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Namun kami belum bisa menyebutkan angkanya, yang pasti turun," kata dia.

 

 

 

 

 

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.