Sukses

Polisi Siapkan 2 Skenario Atasi Puncak Arus Balik

Berdasarkan pantauan, aktivitas di Tol Cikampek-Jakarta relatif lancar. Hanya saja, kepadatan terjadi di km 32.

Liputan6.com, Bekasi - Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Asep Adisaputera, telah menyiagakan petugas di lokasi rawan kepadatan jelang puncak arus balik yang diprediksi terjadi Sabtu 1 Juli 2017.

Pihaknya akan segera melakukan rekayasa lalu lintas melalui pengalihan lalin maupun contra flow jika memang arus lalu lintas dari arah Cikampek ke Jakarta mengalami kemacetan parah.

"Selanjutnya juga akan dilakukan pembayaran gratis selama beberapa menit jika memang terjadinya antrean kendaraan yang panjang dengan pembayaran seluruhnya ditanggung pemerintah," kata Asep, di Bekasi, Jumat (30/6/2017).

Berdasarkan pantauan, aktivitas di Tol Cikampek-Jakarta relatif lancar. Hanya saja, kepadatan terjadi di km 32, sebagai imbas tingginya jumlah kendaraan yang memasuki lajur menuju tempat istirahat atau rest area terdekat.

"Kami mengimbau pengemudi agar lebih berhati-hati dan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan lainnya," tutur dia.

Pemudik Roda Dua

Sementara itu, kepadatan pada arus balik H+5 ini, tidak hanya berlaku untuk jalan tol saja. Jalan umum atau jalan arteri juga terlihat dipadati pemudik yang menghindari kepadatan tol.

Seperti yang terpantau di ruas Jalan Kalimalang. Pemudik sepeda motor pun terus meningkat.

Menurut pemudik sepeda motor, Sugih, perjalanan arus balik dari Karawang hingga ke Bekasi dinilai lancar tanpa hambatan. Pemudik asal Ciamis ini, dapat menempuh ± 225 km dengan waktu 10 jam.

"Tadi berangkat dari Ciamis, jam 5 Subuh. Alhamdulillah lancar," kata dia.

Ia pun memilih pulang ke ibu kota sebelum akhir pekan, untuk dapat beristirahat sehari sebelum beraktivitas. "Kalau pulang mepet, takutnya tidak ada waktu istirahat untuk bekerja di Senin-nya," ucap dia.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.