Sukses

Jalur Tengah Jawa Macet hingga 12 Km

Antrean kendaraan menuju arah Jakarta itu mengular mulai Pasar Linggapura Kecamatan Tonjong hingga jalur lingkar Bumiayu.

Liputan6.com, Brebes - Padatnya arus balik di jalur tengah Purwokerto-Tegal-Brebes-Jakarta membuat kemacetan parah. Bahkan kemacetan tersebut mengular hingga belasan kilometer.

Pantauan Liputan6.com hingga pukul 15.00 WIB, antrean kendaraan tepatnya di ruas Bumiayu-Linggapura Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, mengular hingga 12 kilometer. Sementara antrean kendaraan menuju arah Jakarta itu mengular mulai Pasar Linggapura Kecamatan Tonjong hingga jalur lingkar Bumiayu.

Kemacetan dipicu meningkatnya aktivitas warga lokal di Pasar Linggapura tersebut. Selain itu, adanya beberapa perpotongan arus kendaraan, seperti di perempatan terminal Bumiayu.

Antrean panjang juga terjadi di ruas Karangsawah, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes.

Kendaraan pemudik yang menuju Jakarta terjebak kemacetan hingga 5 kilometer karena adanya perlintasan Kereta Api (KA). Bahkan ekor dari antrean kendaraan itu mencapai ruas Ciregol, Kecamatan Tonjong, Brebes.

Kepadatan arus balik itu diperparah dengan banyaknya pemudik sepeda motor yang melakukan perjalanan kembali ke Jakarta. Namun selepas Karangsawah arus kendaraan ke arah Jakarta lancar.

Setiawan (34) seorang pemudik yang akan balik ke Jakarta mengaku, sudah dua jam setengah kendaraannya terjebak kemacetan di jalur lingkar Bumiayu.

Ia mengeluhkan, jika antrean kendaraan itu terjadi begitu dirinya masuk Jalur Lingkar Bumiayu.

"Tadi saya masuk ke jalur lingkar Bumiayu ini sejak pukul 07.30, tetapi sudah dua jam an saya belum bisa keluar juga dari kemacetan di jalur ini," ucap Setiawan.

Hal senada dikatakan Darwansyah (45), pemudik lainnya. Ia mengaku untuk perjalanan Bumiayu hingga Tonjong ditempuh dengan waktu hingga tiga jam. Padahal normalnya hanya 20 menit.

"Hebat sekali hari ini macetnya panjang sekali, sejak dari Bumiayu," ujar warga Pekuncen Banyumas yang mau balik ke Jakarta itu.

Guna mengurai kemacetan arus balik di jalur tengah itu, Satlantas Polres Brebes melakukan berbagai upaya. Selain memperkuat personel di titik kemacetan, Polres Brebes juga melakukan penarikan arus dan menerapkan sistem 3-1 atau contra flow.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.