Malam Takbiran Idul Fitri, Masjid Istiqlal Sepi

Oleh Taufiqurrohman pada 25 Jun 2017, 03:30 WIB
Diperbarui 25 Jun 2017, 03:30 WIB
20170625-Istiqlal-Jakarta-Takbiran
Perbesar
Suasana malam takbiran di Masjid Istiqlal. (Liputan6.com/Taufiqurrohman)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1438 H atau Idul Fitri pada Minggu 25 Juni 2017. Beberapa muslim dari berbagai daerah pun langsung mengumandangkan takbir, tak terkecuali Masjid Istqilal Jakarta.

Namun, Kepala Bagian Protokoler Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdulsallam menyampaikan, takbiran menyambut 1 Syawal tahun ini tidak terlalu ramai. Tidak ada kepadatan di area Masjid Istiqlal seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Memang tidak terlalu ramai," kata Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu 24 Juni 2017.

Abu menerangkan, masyarakat yang hadir malam ini merupakan sisa dari umat yang tengah beritikaf sejak 1 Ramadan dan mereka yang berniat salat Idul Fitri di Istiqlal.

"Ini biasanya yang pada Itikaf sama yang niat salat Id di sini, terutama yang rumahnya jauh," terang Abu.

Dia tidak mengetahui jumlah muslim yang masih berada di Istiqlal, karena memang tidak ada staf khusus guna mendatanya. Namun biasanya, masyarakat tersebut masih berasal dari wilayah DKI.

"Tidak ada yang didata, tetapi kebanyakan warga Jakarta," ucap Abu.

Untuk pengamanan, dia menyebutkan tidak ada perlakuan khusus yang diberikan oleh pihak berwajib selama malam takbir Idul Fitri. Meski pun kepolisian telah mendirikan posko pengamanan di sekitar Kompleks Masjid Istiqlal.

Saksikan video menarik di bawah ini: