Sukses

Cerita di Balik Akuisisi Blibli dan Tiket.com

Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia telah resmi mengakuisisi Online Travel Agent (OTA), yakni Tiket.com.

Liputan6.com, Jakarta Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia telah resmi mengakusisi Online Travel Agent (OTA), yakni Tiket.com.

Kolaborasi keduanya telah dimulai sejak penandatanganan kedua belah pihak yang dilakukan oleh Kusumo Martanto selaku CEO Blibli.com dan Gaery Undarsa selaku Co Founder sekaligus Chief Communications Officer Tiket.com, Senin (12/6/2017).

“Tiket.com memiliki track record bisnis yang bagus, di mana dalam waktu relatif singkat tumbuh menjadi salah satu OTA terbesar di Indonesia, sama-sama berfokus pada kepuasan pelanggan dan dinilai konsisten dalam menjalankan bisnisnya,” ujar Kusumo.

Di sisi lain, lanjut Kusumo, ia melihat visi misi dan nilai perusahaan Tiket.com memiliki banyak kesamaan dengan Blibli.com yang diharapkan dapat memudahkan proses sinergi.

“Berdasarkan pertimbangan inilah kami mantap untuk melakukan akuisisi,” ujar Kusumo.

Di samping itu, co-founder & Chief Communications Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, mengatakan proses akuisisi telah dilakukan sejak lima bulan lalu. Ia yakin sinergi kedua perusahaan akan memberikan dampak positif untuk pertumbuhan bisnis keduanya.

“Proses akuisisi telah dilakukan sejak lima bulan lalu bersama dengan pihak Blibli.com. Kami melihat ini akan membuka peluang sangat besar bagi Tiket.com untuk bertumbuh secara eksponensial, baik dari rencana sinergi yang ada dan dari segi penetrasi pasar. Melihat potensi ke depan dan banyaknya kesamaan dalam culture dan visi bisnis, kami sangat bersemangat untuk bergabung dalam keluarga Blibli.com,” ujar Gaery Undarsa.

Blibli.com sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia telah resmi mengakusisi Online Travel Agent (OTA) yakni, Tiket.com.

Tiket.com saat ini memiliki banyak layanan travel, termasuk produk tiket, pesawat, hotel, kereta api, sewa mobil dan tiket konser. Perusahaan bekerja sama dengan lebih dari 35 maskapai penerbangan internasional dan domestik. Selain itu, juga bekerja sama dengan ribuan hotel domestik dan internasional.

Akuisisi 100 persen terhadap Tiket.com, ujar George, akan semakin memperkuat kedua perusahaan di bisnis OTA. Blibli pun akan memberikan dukungan penuh untuk Tiket.com, dari sisi share inventory, program penjualan, promosi, termasuk penetrasi ke media sosial, serta memperkuat tim atau sumber daya manusia.

"Akuisisi 100 persen ini akan membuat sinergi jauh lebih baik. Tidak hanya Blibli, Tiket.com melihat akuisisi ini sebagai hal yang sangat baik," tutur George.

 

 

(ADV)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini