Sukses

Ini Sumber Dana Rizieq Shihab Selama di Arab Saudi

Pengacara Rizieq Shihab mengaku, kliennya tidak memiliki masalah serius mengenai keuangan selama di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Kepulangan pemimpin FPI Rizieq Shihab ke Tanah Air masih menjadi misteri. Rizieq dan keluarganya sudah sebulan lebih berada di Arab Saudi. Padahal, proses hukum di Tanah Air tengah menantinya.

Lalu dari mana dana yang digunakan Rizieq tinggal selama itu di negeri orang?

Ketua Bantuan Hukum FPI sekaligus Pengacara Rizieq, Sugito Atmo Pawiro mengatakan, kliennya tidak miliki masalah serius mengenai keuangan selama di luar negeri. Sebab, ia mendapatkan sokongan dana dari rekan-rekannya selama kuliah di King Saud University.

"Kalau dana itu temen-teman di Arab Saudi itu sangat care, perhatian, membantu. Bahkan memfasilitasi semisal untuk masalah hotel dan apartemen," ujar Sugito saat dihubungi di Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Bahkan saat berpindah-pindah tempat selama di Arab Saudi, teman-teman Rizieq pula yang memfasilitasi akomodasi dan transportasinya.

Namun Sugito tak bisa memastikan di mana Rizieq Shihab tinggal saat ini. Sebab, dia kerap berpindah-pindah tempat tinggal.

"Kadang di hotel, kadang di-service apartemen, kadang disiapkan rumah oleh temannya. Kan Habib selalu membagi waktunya antara Madinah, Mekkah, Jeddah," kata dia.

Saat disinggung soal rumor bantuan dana dari politisi untuk Rizieq selama di Arab Saudi, Sugito tak mengamininya.

"Saya terus terang enggak tahu. Tapi yang saya tahu, pas di sana memang tamu Habib itu enggak pernah berhenti, baik dari orang Indonesia maupun Saudi," cerita dia.

Rizieq telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pornografi berupa chat seks yang diduga melibatkan dirinya dengan Firza Husein. Penetapan tersangka dilakukan saat Rizieq masih berada di luar negeri.

Hingga saat ini, rencana kepulangan Rizieq dari Arab Saudi masih belum jelas. Polisi pun memasukkan Rizieq Shihab ke Daftar Pencarian Orang (DPO). Bahkan penyidik tengah menunggu proses penerbitan red notice dari Interpol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.