Sukses

Giliran Situs Ombudsman RI Diretas Tanpa Pesan

Situs yang telah diretas itu tampak menampilkan gambar cangkir putih yang dihiasi dengan biji kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Situs Lembaga negara Ombudsman Republik Indonesia (ORI) www.ombudsman.go.id diretas oleh pihak yang mengatasnamakan diri sebagai @bithedz a.k.a Zeni. Situs tersebut diketahui mulai berubah tampilan pada Rabu (7/6/2017) dini hari.

Dalam situs yang biasa menampilkan daftar kegiatan Ombudsman, kali ini tampak menampilkan gambar cangkir putih yang dihiasi dengan biji kopi. Kemudian dari cangkirnya menyembulkan uap tanpa pesan apapun.

Selain itu, terdapat rulisan @bithedz a.k.a Zeni pada badan cangkir. Diduga kuat itu adalah inisial yang meretas situs tersebut.

Terkait aksi peretasan tersebut, Anggota Ombudsman, Alvin Lie mengatakan, situsnya diretas sejak pagi. "Betul website kami di-hack. Ini sejak pagi tadi. Kami baru tahu tadi sekitar jam 10.30 WIB," ucap Alvin kepada Liputan6.com.

Menurut dia, kini pihaknya tengah berupaya mengembalikan situs tu, kembali seperti semula. Salah satu yang kini dilakukan, adalah menelusuri oleh tim IT Ombdusman, mencari bagaimana terbebas dari hack.

"Ini kami sedang telurusi secara internal," Alvin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.