Sukses

Jurus KPK Tanamkan Nilai Antikorupsi Sejak Dini

Pemberantasan korupsi tak hanya diusahakan melalui penindakan, tapi juga pencegahan melalui pembangunan perilaku dan budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali tanamkan nilai antikorupsi sejak dini dengan meluncurkan sekuel dari film animasi Sahabat Pemberani. Selain film, KPK juga merilis album musik 'Sahabat Pemberani Cinta Indonesia' karya Oppie Andaresta.

"Peluncuran film dan musik ini merupakan salah satu upaya KPK menciptakan generasi antikorupsi. Pemberantasan korupsi tak hanya diusahakan melalui penindakan, tapi juga pencegahan melalui pembangunan perilaku dan budaya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam acara peluncuran film tersebut di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (21/5/2017).

Menurut KPK, cara efektif untuk membangun perilaku dan budaya antikorupsi sejak dini melalui animasi dan musik. "Ini (film dan musik) lebih mudah diterima. KPK menyasar penonton usia Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas," lanjut Saut.

Film serial animasi Sahabat Pemberani ini diketahui terdiri dari enam episode. Memiliki tiga tokoh utama, yaitu Krisna, Panji, dan Kirana. Cerita yang disajikan menempel dengan kehidupan sehari-hari.

Sejak diluncurkan serial pertama pada tahun 2013, Sahabat Pemberani telah tersebar sebanyak enam ribu keping compact disc di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, KPK juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk penggunaan bahan ajar di sekolah-sekolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Antikorupsi

Video Terkini