Sukses

Jokowi Melantik 6 Duta Besar Indonesia

Salah satu yang dilantik Jokowi adalah pendiri maskapai Lion Air, Rusdi Kirana, yang menjabat sebagai duta besar RI untuk Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik enam Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia. Keenam duta besar ini akan ditempatkan di sejumlah negara.

Para duta besar ini dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 57 P Tahun 2017 tentang pengangkatan jabatan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia. Jokowi langsung memimpin pembacaan sumpah para duta besar yang dilantik.

"Apakah saudara bersedia diambil sumpah sesuai dengan agama saudara?" kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

"Silakan ikuti kata-kata saya," lanjut Jokowi.

Usai membacakan sumpah, satu per satu duta besar Indonesia menandatangani berita acara pengangkatan di hadapan Jokowi. Usai penandatanganan, Jokowi menyerahkan pena kepada duta besar sebagai simbol dimulainya tugas baru mereka.

Tampak beberapa menteri dan pejabat hadir pada pelantikan ini, seperti Mensesneg Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wamenlu AM Fachir, Ketua DPD Oesman Sapta, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Hadir pula Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Berikut enam Duta Besar Indonesia yang baru saja dilantik Jokowi:

1. Ferry Adamhar sebagai Duta Besar RI untuk Yunani berkedudukan di Athena

2 Sidharto Reza Suryodiputro sebagai Duta Besar RI untuk India dan Kerajaan Bhutan‎ berkedudukan di New Delhi

3. Rina Prihtyasmiarsi Soemarno sebagai Duta Besar RI untuk Bangladesh dan Nepal‎ berkedudukan di Dhaka

4. Adiyatwidi Adiwoso sebagai Duta Besar RI untuk Slovakia berkedudukan di Bratislava

5. Ratlan Pardede sebagai Duta Besar RI untuk Republik Tanzania, merangkap Republik Burundi, Republik Rwanda, dan Uni Comoros, berkedudukan di Dar Es Salaam

6. Rusdi Kirana sebagai Duta Besar RI untuk Malaysia berkedudukan di Kuala Lumpur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini