Sukses

Menkominfo: Hanya RS Dharmais yang Terserang Virus WannaCry

Selain itu, kata Rudi, kasus kecil di beberapa perusahaan daerah Pulau Jawa, seperti samsat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memastikan bahwa hanya ada satu rumah sakit yang terkena virus Ransomware WannaCry, yaitu Rumah Sakit Dharmais.

"Jadi tidak ada rumah sakit lain. Saya sudah telepon langsung Dirutnya (RS Harapan Kita), nggak ada masalah (virus) itu," jelas Rudiantara di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta Pusat, Senin (15/5/2017).

Rudiantara menghubungi RS Harapan kita setelah beredar kabar, virus tersebut mengenai dua rumah sakit yaitu, Rumah Sakit Dharmais dan Rumah Sakit Harapan Kita.

Selain itu, kata Rudiantara, kasus kecil di beberapa perusahaan daerah Pulau Jawa, seperti samsat. Namun, hanya beberapa komputer yang terkena virus tersebut.

"Juga ada perusahaan-perusahaan yang terkena, tidak lebih dari 10 PC (personal computer)," tutur dia.

Menurut Rudiantara, perusahaan yang PC-nya terkena virus ini disebabkan adanya karyawan yang lupa untuk mematikan jaringan internet di PC tersebut.

"Mungkin juga ada karyawan yang tidak dimatikan PC-nya, jaringan internetnya juga dibiarkan hidup. Kemarin libur pajang terus jadi kena (PC-nya)," tandas Rudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.