Aksi 1000 Lilin untuk Ahok di Danau Toba dan Surabaya

Oleh Dhimas Prasaja Reza Efendi pada 13 Mei 2017, 07:15 WIB
Aksi 1000 Lilin untuk Ahok di Danau Toba

Liputan6.com, Medan - Aksi dukungan untuk Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok digelar masyarakat Sumatera Utara. Jika pada Kamis 11 Mei 2017 digelar di Lapangan Merdeka Medan, pada Jumat 12 Mei 2017 aksi serupa digelar di Danau Toba.

Aksi digelar ribuan masyarakat dengan membawa lilin sebagai lambang dukungan kepada Ahok. Aksi digelar masyarakat mulai pukul 19.30 WIB di Pantai Bebas Parapat, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun.

Selain membawa dan menyalakan lilin, massa juga membawa poster dan spanduk bertuliskan dukungan kepada mantan Bupati Belitung Timur itu. Selain itu, massa aksi juga membawa bendera merah putih dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan yang kemudian diisi dengan orasi.

"Keadilan harus ditegakkan, khususnya tentang hukuman terhadap Bapak Ahok. NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika adalah harga mati," teriak DR Mangapul Sagala dalam orasinya, Jumat 12 Mei 2017 malam.

 

Aksi 1000 Lilin untuk Ahok di Danau Toba (Liputan6.com/Reza Efendi)

Di tengah-tengah aksi, sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Indonesia Pusaka, massa mengibarkan bendera merah putih di salah satu tiang yang disediakan. Tidak hanya itu, aksi massa juga diisi dengan membacakan puisi tentang Ahok yang dibacakan oleh Paroma Panjaitan.

"Kami harap pemerintah memberikan keadilan untuk Ahok, kami inginkan itu," ujar Paroma, yang juga koordinator aksi.

Di akhir aksi, massa bernyanyi bersama sembari meletakkan lilin di pinggir Danau Toba. Lilin-lilin yang diletakkan massa dibentuk hingga bertuliskan "For Ahok". Tepat pada pukul 21.00 WIB, massa aksi satu per satu meninggalkan lokasi.

Kapolres Simalungun AKBP Liberty M Panjaitan mengatakan, secara keseluruhan aksi yang dilakukan masyarakat di pinggiran Danau Toba tersebut berjalan kondusif.

"Aman terkendali," kata Liberty kepada Liputan6.com.

Liberty mengatakan pihaknya mendapat pemberitahuan acara melalui surat yang diberikan ke Polsek Parapat, yaitu melalui surat No: 001/PAN-AHOK/2017 tertanggal 11 Mei 2017.

"Suratnya ada, diterima di Polsek Parapat pukul 16.00 WIB tadi," ujar Liberty.

2 of 2

Ribuan Lilin Menyala di Surabaya

Di Surabaya, Jawa Timur, warga juga menggelar aksi serupa. Mereka memenuhi sekitar Tugu Pahlawan  itu sejak pukul 18.00 berkumpul dari Jalan Kampung Lawas Maspati Jalan Semarang, Jalan Kapasan, Jalan Tembakan, dan Jalan Jagalan, Jumat 12 Mei 2017 malam.

Pantauan Liputan6.com, pada sisi barat dan timur Tugu Pahlawan bersiap sejumlah mobil polisi dan mobil truk dengan mimbar untuk berorasi dengan pengeras suara.

Aksi 1000 Lilin di Surabaya untuk mendukung Ahok, Jumat (12/5/2017) malam

Rayuan Pulau Kelapa, Indonesia Pusaka, dan lagu milik Gombloh berjudul Merah Putih, dinyanyikan ribuan warga yang hadir sambil mengangkat lilin.

Messia, seorang siswa SMA mengatakan datang mengikuti aksi untuk meminta keadilan.

"Kami datang ke sini untuk NKRI damai, selain itu juga kami menginginkan adanya keadilan untuk Pak Ahok," kata gadis yang datang bersama teman-temannya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by