Mensos: Dana PKH Jangan Dibuat Lebaran

Oleh Liputan6 pada 08 Mei 2017, 01:31 WIB
Diperbarui 08 Mei 2017, 01:31 WIB
20170331-Mensos Lepas Keberangkatan Pendamping Sosial Komunitas Adat Terpencil-Fanani
Perbesar
Mensos Khofifah Indar Parawansa melepas keberangkatan Pendamping Sosial Komunitas Adat Terpencil Profesional di Jakarta, Jumat (31/3). Sebanyak 20 orang disebar untuk melakukan pendampingan suku-suku di pedalaman Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Banjarmasin - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menyatakan, penerima dana Program Keluarga Harapan (PKH) hendaknya menggunakan dananya itu untuk kebutuhan sekolah anak-anak dan bukan untuk Lebaran.

Pesan Khofifah disampaikan saat menyalurkan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama di Aula Balai Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kan penyaluran tahap dua PKH itu pada Mei, menjelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri. Ayo, mau digunakan apa dana itu nantinya oleh ibu-ibu, saya minta jangan digunakan untuk Lebaran, tapi untuk kebutuhan anak sekolah saja ya," ujar Khofifah, Minggu 7 Mei 2017.

Menurut dia, dana PKH yang besarannya Rp 1.890.000 yang disalurkan empat tahap harus betul-betul dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan anak atau usaha yang menambah kesejahteraan keluarga.

"Kalau digunakan betul-betul akan sangat bermanfaat dan barokah, sebab Pak Presiden janji kalau ekonomi bangsa kita makin membaik, Insya Allah akan ditambah lagi besaran dana PKH ini," tutur dia.

Mensos mengungkapkan, jumlah penerima PKH non tunai pada Maret 2017 ini sebanyak 3 juta keluarga penerima manfaat yang meningkat dibanding November 2016 yang berjumlah sekitar 1,2 juta keluarga penerima manfaat.

"Tapi pada Juni nanti perluasannya bisa mencapai 6 juta keluarga penerima manfaat PKH," ungkap Khofifah seperti dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, kata Khofifah, dalam proses perluasan dan penguatan tahap berikutnya ini Kemensos akan sangat serius untuk memastikan kesiapannya dilapangan terutama untuk akses masyarakat ke agen-agen terdekat.