Sukses

Jaksa Agung Harap Semua Bisa Pahami Putusan Hakim soal Ahok

Jaksa Agung berharap aksi 5 Mei bukan upaya intervensi terhadap putusan hakim.

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung Muhammad Prasetyo menanggapi dingin aksi 5 Mei yang digelar Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI serta sejumlah ormas di Masjid Istiqlal dan depan gedung Mahkamah Agung (MA).

Ia pun berharap aksi itu bukan bentuk intervensi terhadap putusan pengadilan atas perkara dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Puranama atau Ahok.

"Niatnya mengintervensi atau tidak, tanya mereka. Diharapkan semua bisa memahami. Biarkan hukum berjalan sesuai koridornya sendiri. Jangan ada yang menekan atau memaksa," kata Prasetyo di kompleks Kejagung, Jakarta, Jumat (5/5/2017).

Prasetyo menambahkan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) nantinya juga akan mengajukan banding bilamana putusan Majelis Hakim dianggap tidak pas. Oleh karenanya, ia meminta seluruh pihak menunggu putusan dari Pengadilan.

"Kalau tak puas ajukan upaya hukum. Jaksa tak puas, ajukan banding dan kasasi. Di luar itu, tak elok jika memaksa atau menekan," terang Prasetyo.

Ahok akan menjalani vonis kasus dugaan penistaan agama pada 9 Mei 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini