Aksi Polwan Jaga Kecantikan di Balik Kawat Berduri May Day

Oleh Ahmad Romadoni pada 01 Mei 2017, 14:21 WIB
Diperbarui 01 Mei 2017, 14:21 WIB
Polwan menjaga demo buruh
Perbesar
Polwan menjaga demo buruh di Jakarta (Liputan6.com/ Ahmad Romadoni)

Liputan6.com, Jakarta - Barisan polisi wanita (Polwan) ikut ambil bagian dalam pengamanan aksi Hari Buruh Internasional atau May Day di Jakarta. Meski berada di tengah terik matahari, mereka tetap mencoba menjaga penampilan agar tetap terlihat cantik.

Para Polwan ini berbaris tepat di belakang kawat berduri di Jalan Medan Merdeka Barat. Belasan Polwan dari Polda Metro Jaya ini berada tepat di belakang kawat berduri.

Pantauan di lapangan, Senin (1/5/2017), mereka memang hanya berdiri menghadap ke arah massa buruh yang menyampaikan aspirasi di hari buruh. Dengan posisi istirahat di tempat, senyum terus ditunjukkan.

Saat sebagian buruh meninggalkan lokasi, mereka diberi waktu untuk beristirahat. Para Polwan berpangkat Bripda ini membubarkan barisan dan duduk berkumpul di pembatas jalan beton Transjakarta.

Berbagai kegiatan dilakukan untuk mengisi waktu istirahat singkat itu. Sebagian mengeluarkan ponsel milik mereka, yang lainnya mengeluarkan beberapa alat kecantikan seperti lipstik.

Memang tidak ada cermin untuk melihat polesan riasan di wajah. Sebagai gantinya, pantulan layar ponsel pintar digunakan sebagai cermin darurat.

Ada yang menggunakan sendiri lipstik ke bibir mereka. Sebagian membantu rekan lainnya mempertebal lipstik yang sudah mulai luntur karena tugas sejak pagi.

Di sisi lain, para polisi pria juga bersiaga di balik kawat berduri. Mereka membuat satu saf sebagai formasi awal pengamanan aksi demo buruh. Sedangkan, petugas brimob sudah bersiaga dengan peralatan lengkap di depan kendaraan taktis.