Pertempuran Jet TNI AU Lahirkan Decak Kagum Warga

Oleh Hanz Jimenez Salim pada pada 09 Apr 2017, 14:34 WIB
TNI AU

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan prajurit hari ini memperingati HUT ke-71 TNI AU di Taxi Way Skuadron Udara Pangkalan Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur. Berbagai atraksi yang ditampilkan terbagi menjadi tiga sesi, mulai dari atraksi drum band hingga aksi jet tempur.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (9/4/2017), pertunjukan yang terbuka untuk umum ini pun dipadati ratusan warga. Mereka antusias menyaksikan berbagai atraksi dari ribuan pasukan TNI AU itu.

Warga pertama kali dihibur dengan atraksi drum band dari Akademi Angkatan Udara (AAU) dan pertunjukan defile pasukan upacara.

Pasukan khusus TNI AU saat aksi pembebasan sandera teroris. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Para peserta aksi drum band mengundang decak kagum warga, dengan atraksi baris berbarisnya sambil memainkan alat musik. Ada sekitar 4.500 personel gabungan yang mengikuti atraksi tersebut.

Setelah pertunjukan drum band, pasukan TNI AU memperlihatkan atraksi bela diri. Bahkan, mereka dengan tangkas memecah batu bata hingga mematahkan besi.

Usai pertunjukan itu, warga disuguhi simulasi penanggulangan terorisme. Pasukan elite TNI AU menyelamatkan korban aksi terorisme yang terjebak di dalam bus.

Bahkan, suara letupan senjata api terdengar hingga warga terkejut. Mereka seakan-akan tengah menyaksikan langsung drama penyelamatan korban sandera teroris.

Atraksi kemudian dilanjutkan dengan penampilan pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT). Pesawat latih yang khusus digunakan untuk atraksi akrobatik di udara itu memperagakan delapan adegan.

Atraksi pasukan TNI AU saat pertempuran sengit jet tempur. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Warga pun dibuat takjub. Apalagi saat pesawat membentuk formasi akrobatik di udara.

Tak hanya itu, jet-jet tempur milik TNI AU juga tak ketinggalan memamerkan ketangguhannya. Di antaranya pesawat F-16, Sukhoi, Golden Eagle T50i, dan pesawat Hawk.

Lagi-lagi warga dibuat takjub. Warga pun riuh dan tepuk tangan memberikan apresiasi saat jet tempur itu memainkan adegan pertempuran sengit di udara. Apalagi saat letupan flare dari pesawat tempur itu mewarnai langit Skuadron Udara.

Ada juga simulasi perebutan pangkalan udara dengan menerjunkan prajurit menggunakan parasut. Prajurit diturunkan dari pesawat Hercules dan langsung ke pangkalan udara.

Atraksi prajurit TNI AU kemudian ditutup dengan pertunjukan pesawat Sukhoi dan F-16 yang terbang rendah di sekitar pangkalan. Suara bising dari jet-jet tempur itu membuat warga berdecak kagum.