Sukses

Presiden Afghanistan Puji Kehidupan Harmonis di Indonesia

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyaksikan budaya bernapaskan Islam di lingkungan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia menyaksikan budaya bernapaskan Islam di lingkungan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Dengan panduan dari Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI), Presiden Ashraf menyaksikan arsitektur khas masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Orang nomor satu di Afghanistan itu juga melihat cara kerja penggunaan beduk dan kentongan, yang biasa dipakai orang Islam di Indonesia untuk memanggil orang salat, selain lewat azan.

Presiden Ashraf dalam kunjungannya menyempatkan diri untuk salat Magrib berjamaah di Masjid Istiqlal.

Dia juga menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan jemaah Istiqlal, dan melangsungkan sesi foto untuk rekan media yang sudah menunggunya sejak sebelum kedatangannya ke masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Menurut penuturan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Indonesia dan Afghanistan memiliki kesamaan, salah satunya mayoritas penduduknya Islam.

"Banyak kerja sama yang bisa dijalin dua negara yang memiliki kesamaan penduduk seperti dalam bidang demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender, Islam moderat, dan sektor penting lainnya," ujar Nasaruddin yang seperti dikutip dari Antara.

Sementara Kepala Bidang Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, dalam kunjungan Presiden Ashraf tersebut dibicarakan mengenai keberagaman masyarakat di Indonesia.

"Presiden Afghanistan memuji kehidupan yang sangat harmonis di Indonesia," kata Abu Hurairah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.