Sukses

Detik-Detik Meninggalnya Patmi, Peserta Aksi Semen Kaki

Jenazah Patmi, peserta aksi semen kaki, diantarkan pulang oleh teman-teman seperjuangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Patmi (48) seorang peserta aksi semen kaki di depan Istana meninggal dunia. Perempuan itu, meregang nyawa setelah cor semen di kakinya dilepas.

Ketika itu, Patmi yang akan kembali pulang ke kampung halamannya, membersihkan diri di kamar mandi. Lalu saat keluar, Patmi berteriak menahan sakit, ia meringis lalu muntah dan langsung jatuh.

"Tepat dekat lift ini, beliau teriak dan memegang dada kirinya, lalu muntah-muntah," ujar Muhammad Isnur, Kepala Bidang Advokasi YLBHI pada Liputan6.com saat menerangkan secara rinci bagaimana kejadian malam tadi, Senin, 20 Maret 2017.

Patmi sejatinya akan pulang kembali ke Pati. Ia bersama beberapa peserta aksi lainnya diputuskan pulang setelah melalui rapat antarpeserta aksi dengan kaki masih disemen. Patmi bersikukuh tak ingin pulang, tak mau pasung semennya dibuka. Cerita itu baru diketahui setelah teman seperjuangan Patmi, bernama Ani berkisah dengan menahan isak.

"Dia awalnya tak mau pulang, saya ajak pulang, tapi dia maunya tetap di sini. Katanya, saya suruh ninggalin dia, tapi nggak tahu jadinya seperti ini," isak Ani.

Patmi merupakan satu dari puluhan warga Kendeng yang melakukan aksi penolakan pabrik semen dengan mengecor semen di kakinya. Lima hari sudah kaki Patmi terbenam dalam kotak berisi semen.

Awalnya, aksi mengecor kaki ini dilakukan sejumlah warga Kendeng, Jawa Tengah pada, Senin, 13 Maret 2017. Aksi ini sebagai bentuk protes warga atas keputusan pemerintah yang tetap mengoperasikan pabrik semen PT Semen Indonesia di Rembang dan di wilayah Pengunungan Kendeng, Jawa Tengah, meski putusan Mahkamah Agung sudah membatalkan izin pendiriannya.

Peserta aksi semen kaki ini mulai duduk dan berdiri di luar pagar Monas dari siang sampai sore, dengan fasilitas sanitasi lapangan dan peneduh. Pada sore hari, peserta aksi beristirahat dan menginap di YLBHI jalan Diponegoro Jakarta.

Kemudian, pada Kamis, 16 Maret 2017, ada 55 warga dari Kabuputen Pati dan Rembang menyusul bergabung dengan para peserta aksi sebelumnya. Dari ke-55 warga ini, hanya 20 orang yang mengecor kakinya, termasuk Patmi. Kedatangannya tanpa paksaan bersama kakak dan adiknya dengan seizin suaminya.

Namun, pada Senin, 20 Maret 2017, perwakilan warga bertemu Kepala Kantor Staf Presiden, Teten Masduki untuk berdialog di dalam kantor Staf Presiden.

Usai pertemuan itu, Isnur menyebut adanya perubahan cara aksi warga, yaitu dengan menyisakan 9 orang yang mengecor kaki, sementara selebihnya dipulangkan, termasuk Patmi.

Namun, aksi ini tertunda dilanjutkan karena seluruh peserta aksi semen kaki pulang ke kampung mengantarkan jenazah Patmi untuk dikebumikan.

"Sekarang masih di jalan, tadi berangkat jam 9 pagi," kata Isnur, Selasa (21/3/2017).

Meski Patmi sudah tiada, tetapi warga Kendeng bertekad untuk meneruskan niat Patmi menghentikan pengoperasian pabrik semen di Pegunungan Kendeng ini. Untuk itu, sejumlah warga akan kembali beraksi usai memakamkan Patmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini