Simpang Kebon Nanas Ditutup, Lalu Lintas Langsung Kacau

Oleh Nanda Perdana Putra pada 14 Mar 2017, 08:38 WIB
Diperbarui 14 Mar 2017, 08:38 WIB
Simpang Kebon Nanas
Perbesar
Kondisi di Simpang Kebon Nanas

Liputan6.com, Jakarta - Penutupan Simpang Kebon Nanas, Jakarta Timur, yang merupakan gabungan Jalan Kebon Nanas, Jalan Otista III, dan Jalan DI Panjaitan, membuat lalu lintas jadi semrawut dan kacau. Para pengendara motor nekat melompati trotoar demi menerobos jalan yang sudah ditutup.

Pantauan Liputan6.com, sekitar pukul 08.00 WIB, suara klakson kendaraan mulai nyaring di kawasan tersebut. Petugas tampak kewalahan menertibkan puluhan pengendara sepeda motor yang bahkan tidak peduli dengan keselamatan.

Mereka enggan memutar cukup jauh lantaran dianggap memakan waktu. Terlebih, melihat sejumlah pengendara motor melompati trotoar, yang lainnya pun langsung ikut-ikutan.

"Ini gimana sih, Mas. Nggak ada pemberitahuan masalahnya," tutur pengendara yang enggan disebut namanya di sekitar traffic light (TL) Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (14/3/2017).

Sejumlah pengendara bahkan terjatuh lantaran hilang keseimbangan setelah motornya turun dari trotoar yang terbilang cukup tinggi. Pengendara mobil sempat memaki karena puluhan motor masuk jalur cepat demi menanjak ke trotoar.

Bukannya lancar, kondisi tersebut jadi membuat macet lalu lintas arah Jatinegara menuju Cililitan. Petugas pun sibuk meletakkan batu besar dan barrier di tempat-tempat para pengendara motor menerobos trotoar.

Berikut rekayasa lalu lintas uji coba penutupan ruas jalan Simpang Kebon Nanas:

1. Pengguna Jalan dari arah Utara (Jatinegara) yang akan belok kanan menuju Jalan Otista III diarahkan lurus untuk berputar di U-Turn setelah Halte Transjakarta Penas Kalimalang dan seterusnya.

2. Pengguna jalan dari arah Selatan (Cawang) yang akan belok kanan menuju Jalan Kebon Nanas diarahkan lurus untuk berputar di U-Turn depan Kecamatan Jatinegara dan seterusnya.

3. Pengguna jalan dari arah Timur (Jl. Kebon Nanas) yang akan belok kanan menuju Jatinegara maupun ke Jalan Otista III diarahkan belok kiri di Jalan DI Panjaitan, kemudian berputar di U-Turn setelah Halte Transjakarta Penas Kalimalang dan seterusnya.

4. Pengguna jalan dari arah Barat (Jalan Otista III) yang akan belok kanan menuju Cawang maupun Jalan Kebon Nanas diarahkan belok kiri di Jalan DI Panjaitan, kemudian berputar di U-Turn depan Kecamatan Jatinegara dan seterusnya.