Atasi Kemacetan, Dishub DKI Buat 2 Arus di Perempatan Kebon Nanas

Oleh Nanda Perdana Putra pada 14 Mar 2017, 07:51 WIB
Diperbarui 14 Mar 2017, 07:51 WIB
Penutupan Jalan Kebon Nanas
Perbesar
Penutupan Jalan Kebon Nanas (Liputan6.com/Nanda Perdana Putar)

Liputan6.com, Jakarta Kemacetan yang rutin terjadi khususnya di perempatan Kebon Nanas, Jakarta Timur, pada pagi hari membuat Dinas Perhubungan (Dishub) DKI berbenah.

Mulai hari ini, Selasa (14/3/2017), uji coba penutupan jalur traffic light (TL) Kebon Nanas mengarah ke Jalan Otista III dan sebaliknya, resmi diberlakukan.

Kepala Dishub DKI Andri Yansyah mengatakan, penutupan jalur tersebut sangat layak dicoba. Terlebih, cukup banyak keluhan masyarakat terkait hal tersebut.

"Pertama ini banyaknya keluhan masyarakat terkait makin mandeknya kondisi di Simpang Kebon Nanas. Kebetulan di sini ada perguruan tinggi Trisakti terkait transportasi," tutur Andri di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur, Selasa (14/3/2017).

"Mereka lakukan kajian dan persentasikan ke kami. Salah satunya penutupan Simpang Kebon Nanas. Ini salah satu upaya mengatasi kemacetan di Simpang Kebon Nanas," dia melanjutkan.

Perempatan Kebon Nanas merupakan pertemuan antara Jalan Kebon Nanas, Jalan Otista III, dan Jalan DI Panjaitan. Nantinya, lalu lintas di kawasan simpang tersebut akan bebas dari traffic light atau lampu lalu lintas.

"Tidak ada lagi (TL). Yang dari utara ke selatan dan sebaliknya tidak ada lampu merah, kita lost-in (hilangkan). Yang dari timur ke barat dan sebaliknya kita arahkan ke arah selatan atau utara. Kemudian puter balik," dia menjelaskan.

Uji coba akan dilaksanakan mulai 14 hingga 21 Maret 2017. Jika dalam evaluasi nanti dianggap berhasil, maka aturan tersebut akan diberlakukan tetap.

"Saat ini kita uji coba selama satu minggu. Kalau efektif maka akan dipatenkan. Ini merupakan reaksi dari pembangunan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) juga," ujar dia.

"Nanti akan tetap ada kita akan pasang spanduk, sehingga masyarakat tahu. Tapi saya kira dua, tiga hari pasti langsung tahu," Andri menandaskan.

Berikut rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas di perempatan Kebon Nanas:

1. Pengguna jalan dari arah utara (Jatinegara) yang akan belok kanan menuju Jalan Otista III, diarahkan lurus dan berputar di U-Turn setelah Halte Transjakarta Penas Kalimalang atau seterusnya.

2. Pengguna jalan dari arah selatan (Cawang) yang akan belok kanan menuju Jalan Kebon Nanas, diarahkan lurus dan berputar di U-Turn depan Kecamatan Jatinegara atau seterusnya.

3. Pengguna jalan dari arah timur (Jalan Kebon Nanas) yang akan belok kanan menuju Jatinegara maupun lurus ke Jalan Otista III, diarahkan belok kiri ke Jalan DI Panjaitan. Kemudian berputar di U-Turn setelah Halte Transjakarta Penas Kalimalang atau seterusnya.

4. Pengguna jalan dari arah barat (Jalan Otista III) yang akan belok kanan menuju Cawang maupun lurus ke Jalan Kebon Nanas, diarahkan belok kiri ke Jalan DI Panjaitan, kemudian berputar di U-Turn depan Kecamatan Jatinegara atau seterusnya.