Sukses

Istana: Tak Benar Ibu Iriana Mendapat Hadiah dari Raja Salman

Pihak Istana menjelaskan kebenaran video yang sempat menjadi viral mengenai pemberian hadiah untuk Ibu Negara Iriana dari Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta - Jagad dunia maya diramaikan dengan video jajaran perhiasan berkilau. Perhiasan itu disebut merupakan hadiah dari Raja Salman bin Abdulaziz al Saud kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Hal ini dibantah oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Pramono memastikan tidak ada satu pun hadiah yang diberikan Raja Salman kepada Iriana.

"Enggak ada, cendera mata enggak ada," ujar Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Pramono menjelaskan, video itu sudah beredar sebelum kedatangan Raja Salman. Bahkan, dirinya menerima video itu dua minggu sebelum raja ke-7 Arab itu tiba di Indonesia.

"Saya menerima itu seminggu atau dua minggu sebelum Raja sampai di indonesia. Jadi menurut saya enggak ada. Karena semua acara saya mengikuti dan tidak ada acara penyerahan hadiah sama sekali enggak ada," ucap Pramono.

Presiden Joko Widodo dikenal tak mau menerima pemberian hadiah apa pun dari siapa pun. Beberapa kali Jokowi langsung menyerahkan hadiah yang diterimanya kepada KPK. 

"Memang enggak ada sama sekali agenda itu. Sama sekali enggak ada agenda untuk pemberian cendera mata dan sebagainya. Dan memang Presiden Jokowi tidak pernah mentradisikan hal tersebut," pungkas Pramono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.