Ketika Raja Salman Mencari Keturunan Soekarno

Oleh Liputan6 pada 03 Mar 2017, 09:20 WIB
Diperbarui 03 Mar 2017, 09:20 WIB
Raja Salman
Perbesar
Raja Salman

Liputan6.com, Jakarta - Raja Salman bin Abdulaziz al Saud ternyata sempat dua kali mencari Puan Maharani saat di Istana Bogor, Jawa Barat, pada 1 Maret 2017.

Setelah upacara penyambutan di Istana Kepresidenan Bogor, Puan Maharani berada di deretan paling awal menteri-menteri yang berbaris untuk bersalaman dengan Raja Arab Saudi itu.

Para menteri Kabinet Kerja secara protokoler turut menyambut dengan cara bersalaman dengan Raja Salman.

Seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/3/2017), di tengah hujan deras yang mengguyur itulah sesaat setelah upacara penyambutan, para menteri yang hadir satu per satu bersalaman dengan Raja Salman.

Puan Maharani saat mendapatkan giliran untuk bersalaman dengan Raja Salman tampak mengangguk-anggukan kepalanya saat mendengarkan sang Pemimpin Negara dan Pemerintahan Arab Saudi itu. Di dekat Raja Salman dan Puan, yang berkerudung hitam, ada seorang penerjemah.

Setelah itu, para menteri bergiliran bersalaman dengan Raja Salman sampai kepada giliran terakhir, yakni Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong.

Tak lantas berakhir melewati para menteri, Raja Salman pun meminta Puan Maharani mendekat kembali kepadanya. Puan pun antusias saat dipanggil dan mendengarkan ucapan Raja Salman.

Mencari Keturunan Soekarno

 

Raja Salman dan Puan Maharani (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang berada berdekatan dengan Raja Salman ketika upacara penyambutan kenegaraan dilakukan, mengatakan beberapa kali Raja Salman menanyakan cucu Bung Karno.

"Raja Salman beberapa kali menanyakan kepada Presiden Jokowi tentang cucu Bung Karno," kata Bey.

Saat baru tiba di Istana Kepresidenan Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo, Raja Salman menanyakan cucu Soekarno. "Mana cucu Soekarno?" tanya Raja Salman kepada Presiden Jokowi sesuai keterangan Bey.

Tak lama, Presiden Jokowi pun memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. "Ini cucu Soekarno," kata Presiden.

Ternyata ada yang diingat oleh Raja Salman tentang Ir Soekarno.

"Saya ingat sekali dengan Presiden Soekarno, selalu mengatakan, 'Saudara-saudara'. Ini yang saya ingat di sini," ucap Raja Salman seperti disampaikan Bey.

Oleh karena itulah sebanyak dua kali, Puan Maharani tertangkap kamera dipanggil oleh Raja Salman.

Tak berhenti di situ, Raja Salman pun mencari anak Soekarno, Megawati Soekarnoputri. Di Istana Merdeka, Megawati dan Raja Salman bertemu. Turut serta dalam pertemuan itu Puan Maharani.

Pertemuan itu memang tidak lama, hanya sekitar 15 menit karena padatnya agenda sang Raja.

Usai pertemuan dengan Raja Salman, Puan mengatakan pertemuan itu berlangsung dengan santai, hangat, akrab. Raja Salman terkesan dengan penyambutan yang diberikan masyarakat Indonesia atas kedatangannya.

"Saya merasa bahwa sambutan Presiden Joko Widodo kepada Raja Arab Saudi, apalagi bisa bertemu dengan anak dan cucu Presiden Soekarno ini merupakan suatu bentuk sejarah yang semakin erat dengan Arab Saudi," tutur Puan.

Kesempatan Raja Salman dapat bertemu secara khusus dengan anak dan cucu Presiden Soekarno bukan tanpa arti. Raja menilai pertemuan ini menunjukkan hubungan sangat erat antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Raja Salman sampaikan, 'saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini," pungkas Puan mengutip Raja Salman.

Raja Salman datang ke Istana Merdeka Kamis siang pukul 14.42 WIB, usai berkunjung ke Masjid Istiqlal. Di Istana, sang Raja bertemu alim ulama Indonesia, dan kemudian menanam pohon ulin atau kayu besi di halaman Istana.