Sukses

Sambut Raja Salman, Pemprov Bali Siapkan Tarian Pendet

‎Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulazis al Saud‎ akan berlibur ke Bali pada 4-9 Maret 2017.

Liputan6.com, Denpasar - ‎Raja Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulazis al Saud‎ akan berlibur ke Bali pada 4-9 Maret 2017, selepas kunjungan kenegaraan di Jakarta sejak 1 Maret lalu. Untuk menyambut kedatangan Raja Salman, Pemerintah Provinsi Bali berencana menyiapkan tarian Pendet sebagai tari penyambutan.

Budayawan Bali, Made Bandem, menjelaskan tarian Pendet itu akan digelar di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai begitu Raja Salman dan rombongan tiba.

"Tadi dibahas oleh Gubernur (Made Mangku Pastika), beliau ingin menyiapkan Tari Pendet sebagai tari penyambutan kedatangan Raja Salman," kata Bandem usai bertemu Gubernur Bali, Kamis (3/2/2017).

Saat ini, rencana itu tengah diusulkan kepada Sekretariat Negara (Setneg) dan pihak Kerajaan Arab Saudi. "Kalau dari Setneg belum ada permintaan. Itu baru rencana yang tengah diusulkan kepada Setneg dan Kerajaan Arab Saudi," ujar Bandem.

Jika disetujui, tari penyambutan ini akan melibatkan 100 anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk mementaskannya. "Arahan Pak Gubernur maunya anak-anak. Nanti akan dilibatkan 100 orang anak-anak sebagai penari. Teknisnya itu nanti disiapkan oleh Dinas Kebudayaan (Provinsi Bali)," ucap Bandem.

Menurut dia, Tarian Pendet sebagai tari penyambutan biasa dipentaskan untuk menyambut tamu-tamu agung negara seperti Raja Salman.

"Tari itu memang sering dipentaskan untuk menyambut tamu agung negara, seperti ketika kedatangan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen, tari itu dipentaskan," tutur Bandem.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.