Sukses

Pansus Pemilu DPR Segera Berkunjung ke Jerman dan Meksiko

Menurut Pansus Pemilu DPR, ada beberapa isu penting yang bisa dipelajari dari pelaksanaan pemilu di Meksiko dan Jerman.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Panitia Khusus Pemilihan Umum (Pansus Pemilu) Benny K Harman mengatakan, akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Meksiko dan Jerman. Kunker tersebut dilakukan, kata Benny, untuk mengetahui seperti apa pelaksanaan pemilu di Meksiko dan Jerman.

"Anggota pansus akan mengadakan kunker sebagian ke Jerman, sebagian ke Meksiko," ujar Benny di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Ia menjelaskan, ada beberapa isu penting yang bisa dipelajari dari pelaksanaan pemilu di Meksiko dan Jerman. Contohnya, Meksiko yang merupakan salah satu negara di dunia yang menyelenggarakan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) secara bersamaan.

"Meksiko ini salah satu negara di dunia yang menyelenggarakan pemilihan umum presiden dan pileg itu serentak. Kemudian yang kedua, Meksiko juga negara yang bikin badan peradilan khusus untuk pemilu," papar dia.

Kemudian yang ketiga, lanjut Benny, Meksiko juga memiliki regulasi khusus mengenai pengaturan tentang peranan media massa.

"Menarik itu untuk ke Meksiko, melihat lebih jauh, lebih dekat bagaimana praktik di sana pemilu serentak dan fungsi badan peradilan pemilu di sana," kata dia.

Sedangkan di Jerman, menurut Benny, Pansus Pemilu akan melihat sistem di sana. Mereka dijadwalkan akan berangkat pada 10 Maret mendatang.

"Yang Jerman sistem pemilu atau apa gitu. Saya rasa ada baiknya juga melihat lebih dekat. Tanggal 10 (berangkatnya)," jelas Benny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.