Sukses

Tanggul Kali Sunter Jebol, Cipinang Indah Dilanda Banjir Jakarta

Lurah Pondok Bambu Syahrul Munir menyebut, setidaknya ada 120 kepala keluarga atau sekitar 359 jiwa yang terdampak banjir Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa wilayah ibu kota yang dilanda banjir Jakarta mulai membawa dampak. Tanggul Kali Sunter di Kawasan Cipinang Indah, Jakarta Timur jebol karena tak mampu menahan debit air yang begitu deras. Hasilnya, kawasan perumahan ini pun terendam banjir.

Lurah Pondok Bambu, Jakarta Timur, Syahrul Munir menjelaskan, tanggul Kali Sunter di kawasan Cipinang Indah ini ditahan oleh tembok satu rumah warga. Ketika tak mampu menampung air, kata Syahrul, tembok rumah jebol dan air mengalir dengan derasnya.

"Jam 09.00 WIB lewat tanggul jebol. Ada rumah warga yang sebagai tanggul jebol dan ada retakan sedikit," ucap Syahrul di lokasi, Selasa (21/2/2017).

Ia mengakui jebolnya tanggul karena banjir Jakarta di luar dugaan dirinya maupun para warga. Syahrul mengatakan, di kawasan ini tak hanya ada pemukiman warga, namun juga sekolah.

"Siswa tak terganggu tapi demi mengantisipasi memang diputuskan untuk diliburkan," ungkap dia.

Syahrul menyebut, setidaknya ada 120 kepala keluarga atau sekitar 359 jiwa yang terdampak banjir. "Jumlah itu belum ditambah sekolah dan gedung di sini," tukas Syahrul.

Pantauan Liputan6.com di lokasi jebolnya tanggul, air mengalir deras. Dua buah perahu karet disiagakan guna mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan. Ketinggian air mencapai pinggul orang dewasa. Petugas belum nampak untuk membetulkan tanggul jebol akibat banjir Jakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini