Sukses

Ratusan Warga Korban Banjir Bekasi Mengungsi

Genangan banjir juga membuat bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Margahayu mengalami longsor.

Liputan6.com, Bekasi - Banjir di kompleks perumahan di Kota Bekasi, sejak Minggu hingga Senin (20/2/2017) masih merendam ribuan rumah. Sebanyak 14 kompleks perumahan terendam akibat guyuran hujan dengan intensitas tinggi.

"Kondisi Bekasi dari Minggu kemarin, pukul 12.30 WIB hingga hari ini masih banjir, dengan turun hujan tinggi, bahkan ada 20 titik lokasi penambahan, dengan kedalaman paling rendam 40 cm sampai 1,3 meter," ujar Kasi RR BPBD Kota Bekasi Edi Sukamto, saat dihubungi Liputan6.com.

Genangan banjir setinggi 1,2 meter hingga 1,3 meter membuat ribuan warga kompleks diungsikan di dua lokasi. Tercatat 119 jiwa telah diungsikan di Nasio Jatiasih dan 160 jiwa diungsikan di Kalibaru.

Selain di dua lokasi pengungsian tersebut, korban banjir lainnya juga diungsikan di rumah kosong dan rumah kerabat korban. "Selain di dua lokasi pengungsian di Jatiasih dan Kalibaru, korban banjir juga diungsikan ke rumah kosong dan ada juga di rumah-rumah kerabat," kata Edi Sukamto.

Untuk memenuhi kebutuhan korban banjir selama di pengungsian, penyaluran logistik bantuan bencana telah tiba di dua lokasi pengungsian.

"Logistik belum lama ini sudah di Kelurahan Kalbaru yang diambil dari BPBD Bekasi, poskonya di kantor Walikota Bekasi," lanjut Edi Sukamto.

Genangan banjir juga membuat bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Margahayu, mengalami longsor. "Ada kejadian longsor di bantaran Kali Bekasi di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur," ujar Edi Sukamto.

Titik lokasi yang digenangi banjir di antaranya di Kelurahan Margahayu Perum Dosen IKIP, Perum Surya Mandala Bekasi Selatan, Mutiara Gading Timur (MGT), Pondok Timur Indah (PTI), Pondok Ungu Permai (PUP), Perum Nasio Perum Duta, Indah Perum Interup Asri Jati, Waringin Pondok Hijau, Permai Pondok Chandra, Melati Harapan Mulya, Perum Bougenvil, Perum Griya Jatisari, dan Kompleks Buana Risma Jalan Jatiluhur.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi telah melakukan evakuasi di tiga titik banjir, di antaranya Perum Dosen IKIP, Perum pondok hijau (PHP), dan Perum Pondok Ungu Permai (PUP).

Tinggi muka air di Perumahan Dosen IKIP Jati Bening tercatat 1.3 meter, sementara Jatiasih setinggi 1,2 meter, dengan intensitas hujan ringan hingga sedang.

Guna mempermudah proses evakuasi korban banjir, peralatan dan perlengkapan bencana banjir sudah dikirim ke lokasi kejadian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini