Sukses

Ahok Janji Beri Lansia Pensiun Hingga Rp 1 Juta Perbulan

Bentuk uang pensiun yang akan diberikan Ahok, nantinya mirip Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang akan diberikan secara non tunai tiap bulan

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berencana memberi uang pensiun bagi para lansia yang kurang mampu. Rencana Ahok itu diwacanakan setelah menemukan banyak orangtua yang telah berumur, namun tidak dapat membiayai hidupnya.

"Kita temukan banyak sekali ibu lansia enggak bisa kerja sama sekali, akan kita kasih uang pensiun. Kita bantu nih," ujar Ahok di Kawasan Tegal Alur, Jakarta Barat, Rabu (8/2/2017).

Bentuk uang pensiun itu nantinya mirip Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang akan diberikan tiap bulan secara non tunai sebesar Rp 600 ribu - Rp 1 juta. "Kirim uang, kisaran Rp 600 ribu- Rp 1 juta," ucap Ahok.

Menurut Ahok, program tersebut sudah lama dijalankannya. Namun, lantaran menggunakan uang operasionalnya, jumpah lansia yang dapat dibantu masih terbatas. Ahok pun menjanjikan bila terpilih kembali, dia akan memasukkan anggaran pensiun lansia di APBD DKI.

"Sudah lama lakukan sebenarnya," Ahok menandaskan.

Sedangkan untuk lansia yang masih dapat bekerja, Pemprov akan memberikan bantuan modal. Selain itu, bagi lansia yang tak lagi yang mengurus, Ahok mengaku akan membuatkan rumah khusus. Saat ini, rumah lansia yang dimaksud sedang dalam proses pembangunan oleh Pemrov DKI.

"Kalau ketemu nenek-nenek umur 70 tahunan masih usaha bikin nasi uduk macem-macem, nah kita modalin karena dia gak perlu dipelihara. Tapi kalau dia enggak bisa kerja sama sekali, enggak ada keluarga, itu yang kita siapin di Ciangir. Itu villa jompo kita tanggung hidupnya," Ahok menandaskan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

Video Terkini