Sukses

Garuda Serahkan KNKT Ungkap Sebab Pesawat Tergelincir di Yogya

Pesawat Garuda itu mengangkut 119 penumpang dan 8 awak pesawat serta pilot sehingga total 127 orang.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pesawat Garuda GA258 tujuan Jakarta-Yogyakarta tergelincir saat akan mendarat di Bandara Adisutjipto, Rabu malam 1 Februari 2017.

Peristiwa yang terjadi sekitar pukul 19.50 WIB itu bermula saat pesawat yang akan mendarat keluar landasan dari arah runway 09. Pesawat Garuda itu mengangkut 119 penumpang dan 8 awak pesawat serta pilot sehingga total 127 orang.

District Manager Garuda Indonesia Yogyakarta Supriyono mengatakan, kemungkinan penyebab pesawat tergelincir adalah faktor cuaca. Ketika melakukan pendaratan, hujan deras melanda areal bandara.

"Kemungkinan cuaca buruk, tetapi selanjutnya menunggu hasil dari KNKT," ucap dia.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novian Samyoga mengatakan, saat pendaratan pesawat ini menggunakan runway 09, visibility 2.000 meter, dan kecepatan angin 6-10 knott

"Jadi masih masuk dalam parameter dan landing, keluar landasan karena hal tertentu," ujar dia dalam jumpa pers.

Ia menerangkan, lokasi tergelincir sekitar 1.500 meter dari pertama kali landing sampai posisi tergelincir. Pesawat Garuda landing dari barat ke timur dan tergelincir ke utara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini