Sukses

Ketua MK Tidak Masalah Jika Pengganti Patrialis dari Parpol Lagi

Ketua MK Arief Hidayat mencontohkan beberapa tokoh politik yang sukses dan tidak pernah mengalami masalah saat berkarier di MK.

Liputan6.com, Jakarta Patrialis Akbar telah mengundurkan diri sebagai hakim Mahkamah Konstitusi(MK), setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Presiden pun didesak untuk segera mencari penggantinya.

Muncul wacana untuk mencari penggantinya yang bukan berasal partai politik, lantaran diduga sarat dengan kepentingan dan mengingat jejak Patrialis yang juga berasal dari parpol.

Terkait hal tersebut, Ketua MK Arief Hidayat mengatakan, untuk mencari orang baik tidak hanya berasal dari satu lingkungan.

"Sesuai keputusan MK, maka sumber rekruitmen hakim konstitusi itu bisa dari parpol, pengusaha atau akademisi. Karena orang yang baik tidak bisa dibatasi dari mana saja," ucap Arief di kantornya, Jakarta, Selasa 31 Januari 2017.

Menurut Arief, masih banyak tokoh-tokoh politik, orang-orang yang aktif di parpol yang baik dan bisa memegang amanah menjadi hakim MK.

"Akademisi yang bandel-bandel juga banyak. Itu harus kita ingat. Belum tentu orang yang enggak baik itu dari parpol," jelas Arief.

Dia pun mencontohkan beberapa tokoh politik yang sukses dan tidak pernah mengalami masalah saat berkarier di MK.

"Pak Mahfud, Pak Hamdan itu kan dari politisi. Enggak ada masalah Beliau," tandas Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini