Sukses

Hujan Deras, Banjir Terjang Sumbawa

Puluhan keluarga terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

Liputan6.com, Mataram - Banjir menerjang Kecamatan Sumbawa dan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 29 Januari 2017 dengan ketinggian air antara 50 cm hingga 75 cm.

Hujan yang turun sejak pukul 15.00 Wita memicu sejumlah sungai meluap dan menyebabkan banjir, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTB Mohammad Rum dalam keterangan tertulis, di Mataram, Minggu.

"Ketingian air mencapai 50-75 cm," terang Rum seperti dilansir dari Antara.

Menurut dia, akibat banjir tersebut, sekitar 80 keluarga di Labuan Badas kini harus mengungsi di Masjid Alfalah, dan 30 kepala keluarga di Masjid Kompi.

"Saat ini tim sudah berangkat menuju Sumbawa sekaligus membawa sejumlah bantuan," sebut dia.

Sementara itu, tim dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) mendapatkan informasi awal bahwa hujan mengguyur Sumbawa Besar sejak pagi. Akibatnya, terjadi banjir di Desa Karang Bima Kecamatan Badas, Sumbawa Besar sejak pukul 13.00 Wita.

Menurut Ketua MDMC Muslimin Magenda, ada lima dusun terdampak, yakni Dusun Sumber Payung, Buin Pandan, Tanjung Pengamas, Batu Nisung, dan BTN Pepabri.

"Adapun jumlah pengungsi yang baru terdata yakni 87 orang," katanya.

Para korban lainnya di Dusun Tanjung Pengamas sudah dievakuasi oleh anggota Brimob setempat

"Menurut jaringan Muhammadiyah di lokasi, kurang lebih 2000 orang menjadi terdampak," tandas Muslimin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.