Sukses

Setelah Terbakar, Wihara Dharma Bhakti Belum Rampung Dibangun

Pemprov DKI siap menyokong dana pembangunan Wihara Dharma Bhakti.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh etnis Tionghoa, tak terkecuali di Jakarta merayakan Imlek. Mereka memadati Wihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat.

Tempat ibadah yang mempunyai nama Kim Tek Ji ini pernah terbakar pada Maret 2015. Kini bangunan itu perlahan mulai diperbaiki meski di atapnya masih terlihat sisa kebakaran dua tahun lalu.

Pengurus wihara, Ko Away mengatakan, hingga kini pembangunan wihara bersejarah itu masih terus dilakukan. Namun masih terhambat soal desain bangunan.

"Ini belum pulih semuanya. Karena ini tunggu gambarnya dan desainnya," ucap Ko Away di lokasi, Sabtu (28/1/2017).

Menurut dia, Pemprov DKI siap menyokong dana pembangunan Wihara Dharma Bhakti tersebut. Namun masih ada perdebatan soal desainnya, lantaran masih tetap ingin mempertahankan bentuk aslinya.

"Dana sudah, tapi masalah gambar. Puing-puing kan sebentar. Tapi masalah gambar. Patung juga dirancang. Ini kan purbakala, susah, karena ingin mempertahankan seperti yang lalu," jelas Ko Away.

Saat ditegaskan, apakah satu tahun akan selesai pembangunan Wihara Dharma Bhakti itu? Dia hanya menuturkan ini sangat sulit untuk diprediksi.

"Sulit ya diprediksi. Kita berharap semua setuju soal desain dan ingin seperti yang lama saja," ujar Ko Away.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.