Sukses

Waspadai Aksi Pencurian Spesialis Kos Modus Penjual Kue

Pencuri tersebut tak segan menyelinap masuk ke kos-kosan yang pintunya terbuka dan dalam keadaan sepi.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus sepasang kekasih, pencuri spesialis kos-kosan. Pelaku berinisial LM (42) dan BS (39) kerap melancarkan aksinya dengan berpura-pura berjualan kue.

"Kedua pelaku ditangkap di kawasan Tamansari, Jakarta Barat. Pelaku ini hampir setiap hari melakukan aksi kejahatannya dengan modus menjual kue," ujar Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan di kantornya, Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Hendy menjelaskan, pelaku perempuan berinisial LM itu berperan sebagai eksekutor, sementara BS bertugas memantau situasi. LM beraksi dengan membawa kue untuk dijajakan ke lingkungan kos-kosan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Namun penjualan kue itu hanya sebagai kedok dari aksi jahatnya.

"Tidak ada hipnotis, tidak bawa senjata tajam, tapi mencari kelengahan. Kita bergerak karena ada laporan kepolisian," tutur dia.

LM tak segan-segan menyelinap masuk ke kos-kosan yang pintunya terbuka dan dalam keadaan sepi. Dia langsung beraksi mencuri barang-barang berharga. Jika tepergok, sebisa mungkin pelaku menguasai keadaan dan berpura-pura menawarkan kue dagangannya.

"Pelaku biasa beroperasi di wilayah Bekasi, Tanah Abang, Tangerang dan sebagainya. Wilayahnya berpindah-pindah, berangkat tiap hari naik angkot, selalu berdua," kata Hendy.

Kos-kosan di wilayah Jakarta memang kerap dijadikan target kejahatan. Beragam modus kejahatan spesialis kos-kosan pernah ditangani aparat Polda Metro Jaya.

Karena itu, polisi mengimbau agar masyarakat meningkatkan keamanan di lingkungan hunian sewa tersebut.

"Masyarakat agar tetap mengunci pintu kos-kosannya meski penghuninya ada di rumah. Dan untuk pemilik kos agar sebisa mungkin membuat pagar untuk alasan keamanan," tandas Hendy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini