Sukses

Wapres JK Minta Ponpes Ajarkan Toleransi

Wapres menegaskan toleransi melibatkan semua pihak, baik antaragama, antarsuku, antarkepercayaan, dan antargolongan harus saling menghormati

Liputan6.com, Jakarta - Pondok pesantren (ponpes) diharapkan dapat menjadi lembaga pendidikan yang mengajarkan toleransi. Demikian harapan yang disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Sekali lagi, toleransi itu saling menghargai, saling menghormati satu sama lain, akan menimbulkan toleransi," kata JK usai meresmikan pembukaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Tulungagung, Jawa Timur, Senin 16 Januari 2017.

Ponpes, Menurut JK, merupakan lembaga pendidikan agama yang harus dapat mengajarkan prinsip kehidupan toleransi atas dasar saling menghargai, seperti yang tercantum dalam Alquran Surat Al-Kafirun.

"Jadi kalau dari segi agama ya tadi, bagi kamu agamamu, bagiku agamaku. Lakum diinukum waliyadiin, harus begitu," tutur JK seperti dikutip dari Antara.

Wapres menegaskan bahwa toleransi melibatkan semua pihak, baik antaragama, antarsuku, antarkepercayaan, dan antargolongan harus saling menghormati.

"Satu sama lain harus saling menghormati dan saling membantu, barulah bisa terjadi toleransi," ujar dia.

Selain meresmikan Rusunawa Santri Darul Hikmah, Wapres juga meninjau pengelolaan Dana Desa di Kelurahan Plandaan, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung.

Dalam kunjungannya ke Tulungagung, Wapres didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini