Sukses

Syarat Ormas Boleh Ikut Bela Negara Menurut Pangdam Siliwangi

Menurut Pangdam III/Siliwangi Meyjen TNI Muhammad Herindra, TNI siap memberikan pelatihan Bela Negara kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam III/Siliwangi Meyjen TNI Muhammad Herindra mengatakan TNI siap memberikan pelatihan Bela Negara kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin berpartisipasi menjaga kedaulatan NKRI. Namun, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

"Untuk belajar negara bisa dilakukan setiap warga negara, termasuk LSM. Tentunya LSM yang Pro-NKRI, Pro-Pancasila, Pro-UUD 45, Pro-Bhineka Tunggal Ika, itu yang akan kita latih," kata Herindra di Makorem 0604/Maulana Yusuf, Kota Serang, Senin (9/1/2017).

Namun, kata dia, TNI enggan melatih warga negara maupun ormas yang bertentangan dengan dasar negara dan perundang-undangan yang berlaku di NKRI.

"Tapi kalau ada ormas tidak pro-Pancasila, Pro-UUD 45, Pro-Bhineka Tunggal Ika, akan saya pertimbangkan itu (untuk melatih). Ormas manapun berhak membela negara, yang tidak pro NKRI tidak akan saya latih," tegas Herindra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini