Sukses

Pesan Terakhir Nadia di Medsos Sebelum KM Zahro Expres Terbakar

Ghiyats dan Nadia sempat berbalas pesan sampai pukul 08.05 WIB, sebelum Kapal Zahro Expres terbakar.

Liputan6.com, Jakarta Nadia Syifa Musdalifa, korban terbakarnya Kapal Zahro Expres telah dimakamkan di TPU Bambon, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok, Kamis sore, 5 Januari 2016. Remaja 16 tahun itu meninggal bersama sang ayah dan adiknya.

Teman sekolahnya di SMAN 6 Tangerang Selatan tak menyangka, pesan yang dikirim melalui media sosial, WhatsApp, pada Minggu 1 January 2017, adalah pesan terakhir dari Nadia. Ghiyats Assa, di antaranya.

Ghiyats mengaku sempat berkomunikasi dengan Nadia sebelum kapal motor tersebut terbakar. Melalui pesan singkat di WhatsApp, Nadia bercerita akan berlibur bersama keluarganya ke Pulau Tidung.

"Saya sempat berbalas pesan dengan Nadia. Dia bilang akan berangkat ke Pulau Tidung bersama keluarganya," kata Ghiyats kepada Liputan6.com, saat pemakaman.

Bahkan, Ghiyats dan Nadia sempat berbalas pesan sampai pukul 08.05 WIB, saat Kapal Zahro Expres akan segera berlayar ke Pulau Tidung, sehingga Ghiyats meminta Nadia menonaktifkan ponselnya.

"Nadia itu kan baru pertama kali naik kapal laut. Jadi sewaktu mau berangkat handphone saya suruh nonaktifin. Takutnya, kalau main handphone nanti Nadia pusing. Tapi sebelum dinonaktifin dia sempat balas pesan saya, bunyinya: 'nanti aku kabarin lagi ya'," ucap Ghiyats.

Sama seperti Ghiyats, Putri Rachmawati, teman sebangku Nadia juga tidak menduga pesan ucapan selamat Tahun Baru 2017 yang dikirimkan Nadia ke Grup WhatsApp menjadi kenangan terakhir.

"Di grup dia tulis Happy New Years. Pakai emoticon-emoticon gitu," kata Putri.

Nadia bersama kedua orangtuanya, M Nurdin dan Homsari, serta kedua adiknya, Rifa Rizkyawan dan Nazwa Sarla, menjadi korban tragedi KM Zahro Expres, yang terbakar pada Minggu 1 Januari 2016.

Namun, sang ayah dan adiknya Nazwa Sarla ditemukan dan dinyatakan meninggal lebih dulu. Sementara,  sang ibunda Homsari serta adik bungsunya Rifa Rizkyawan, berhasil menyelamatkan diri dan masih dalam perawatan di rumah sakit.

Jenazah Nadia dan keluarganya telah dimakamkan di TPU Bambon, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.