Sukses

Hari Ini Puncak Arus Balik, Polisi Berlakukan Contra Flow

Situasi di jalur selatan dari arah Garut menuju Bandung tengah padat sehingga petugas memberlakukan contra flow

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Polisi Agung Budi Maryoto mengatakan kepadatan lalu lintas akibat arus balik liburan Natal dan Tahun Baru menuju Jakarta mulai terjadi Minggu malam ini.

"Yang masuk (kendaraan) normal weekend seperti biasa sekitar 59.000, sekarang sudah 80.000, nanti diperkirakan naik 10 persen, artinya sudah mulai terjadi peningkatan arus malam ini menuju ke Jakarta," kata Agung di Jakarta,  Minggu, 1 Januari 2016.

Agung meninjau langsung kondisi lalu lintas kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama Bekasi, Jawa Barat, dan menyebutkan situasi di jalur selatan dari arah Garut menuju Bandung tengah padat sehingga petugas memberlakukan contra flow (jalur berlawanan arus).

Kemudian Tol Cipularang dari Bandung ke arah Jakarta di jembatan Cisomang yang khusus kendaraan golongan I, mulai terjadi peningkatan.

"Namun, dari arah Pantura jalur lama maupun Cipali normal seperti biasa," ujar Agung seperti dilansir dari Antara.

Jalur Puncak Bogor diberlakukan satu arah menuju Jakarta karena jumlah kendaraan menuju Jakarta bertambah banyak.

Agung menyatakan pihaknya mengantisipasi kepadatan kendaraan pada KM 66 Cipularang saat puncak arus balik yang diperkirakan terjadi senin ini. Pada KM 68 petugas akan memberlakukan saat terjadi kepadatan mulai dari Cipularang maupun Cipali.

Agung juga menjelaskan petugas telah menyiapkan skenario lalu lintas di wilayah dalam kota Jakarta saat terjadi kemacetan lalu lintas dengan mengantisipasi kepadatan lalu lintas pada jalur obyek wisata seperti Kebun Binatang Ragunan, TMII dan Ancol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.