Sukses

Car Free Night Malam Tahun Baru 2017 di Jakarta Dibatalkan

Panggung-panggung yang rencananya akan berdiri di lima titik akan disebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatalkan acara car free night dalam rangka menyambut tahun baru 2017. Semula, car free night akan digelar di sepanjang jalur protokol Ibu Kota, yakni Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

"Rencana pemberlakuan car free night dan panggung hiburan Tahun Baru 2017 yang semula akan dilaksanakan di Monas, Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman ditiadakan," ujar Kadishub DKI Andri Yansyah melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (31/12/2016).

Pembatalan dikarenakan ada pembangunan stasiun bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) di sepanjang koridor jalan Sudirman. "Kemudian ada proyek pembangunan jalan layang lingkar simpang susun Semanggi," ujar Andri.

Dengan adanya proyek pembangunan di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin maka akan menyulitkan kepolisian untuk mengamankan car free night itu.

"Dengan adanya kedua proyek pembangunan itu, jadi agak sulit untuk faktor keamanan," jelas Andri.

Terkait panggung-panggung yang rencananya akan berdiri di lima titik, yaitu di lapangan futsal Monas, Gedung Jaya, Bundaran Hotel Indonesia, Chase Plaza, dan Bendungan Hilir, disepakati untuk disebar ke lima wilayah ibu kota, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat.

"Jadi tiap wali kota Jakarta di wilayahnya masing-masing membuat panggung yang akan diisi hiburan," ujar dia.

Andri mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk memecah penumpukan maupun konsentrasi massa yang akan merayakan malam tahun baru 2017 di Ibu Kota.

Dengan begitu, kata Andri, tidak ada penutupan jalan di Ibu Kota selama perayaan malam pergantian tahun ini.

"Keputusan ini dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta setelah mengkaji secara mendalam serta memperhatikan hasil koordinasi dengan instansi terkait, khususnya Polda Metro Jaya," kata dia.

Sementara itu, untuk kegiatan rutin berupa hari bebas berkendara atau car free day (CFD) di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman tetap berlaku seperti biasa. 

"Untuk pelaksanaan HBKB (Car Free Day) hari Minggu 1 Januari 2017 tetap dilaksanakan dari jam 06.00 sampai 11.00 WIB," Andri memungkas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.