Sukses

Car Free Night di Malam Tahun, Ini Rute Pengalihan Lalu Lintas

Rekayasa lalu lintas akan dimulai sejak pukul 17.00-24.00 WIB nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar car free night (CFN) menyambut malam pergantian tahun. Car free night saat malam tahun baru 2017 ini akan diselenggarakan di sepanjang jalur protokol Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Terdapat beragam acara hiburan yang tersaji di acara car free night ini. Setidaknya ada lima panggung hiburan yang disediakan untuk warga Ibu Kota di sepanjang jalur car free night.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi untuk mendukung terselenggaranya acara tersebut dengan lancar dan baik. Rekayasa lalu lintas akan dimulai sejak pukul 17.00-24.00 WIB nanti.

"Diimbau masyarakat mulai pukul 01.00-02.00 WIB (1 Januari 2017) sudah meninggalkan lokasi car free night," ujar Budiyanto di Jakarta, Sabtu (31/12/2016).

Budiyanto melanjutkan, pengendalian arus lalu lintas ini akan dilakukan secara manual oleh sejumlah personel dari Ditlantas Polda Metro Jaya, Dishub DKI Jakarta, dan fungsi-fungsi pengemban lalu lintas lainnya.

Pengendalian lalu lintas juga menggunakan fasilitas dari Regional Traffic Management Centre (RTMC) sebagai pengembangan fungsi Komando, Kendali, Komunikasi, dan Pusat Informasi (K3I).

"Dengan peran maksimal RTMC, diharapkan masyarakat mengetahui perkembangan real time situasi lalu lintas," tutur dia.

Berikut rute pengalihan lalu lintas saat car free night pergantian tahun baru berlangsung:

1. Dari arah Utara ke Selatan, titik alih arus di Harmoni. Arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda - Pasar Baru - Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng - Merdeka Timur - Tugu Tani dan seterusnya.

2. Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Utara diluruskan ke Harmoni - Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

3. Arus dari Jalan Merdeka Timur yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira - Adipura Pasar Baru - Gunung Sahari atau Jalan Veteran Raya - Harmoni - Suryo Pranoto atau ke Jalan Gajah Mada.

4. Arus dari Tugu Tani yang akan mengarah ke Jalan Thamrin diarahkan ke Jalan Merdeka Timur - Jalan Perwira - Pasar Baru dan seterusnya.

5. Akses-akses jalan menuju Jalan Sudirman - MH Thamrin akan dibalikarahkan baik yang dari sisi barat ke timur atau sebaliknya.

6. Arus dari Cawang mengarah Jalan Sudirman akan dialihkan ke arah selatan, yakni Jalan Sudirman - Senopati dan seterusnya atau diluruskan arah Slipi.

6. Arus dari Slipi yang akan mengarah Jalan Sudirman diluruskan ke arah Cawang melalu Jalan Gatot Subroto - Jalan Rasuna Said dan seterusnya.

7. Arus dari selatan atau Jalan Pattimura dan Sisingamangaraja dialihkan ke barat Jalan Gatot Subroto atau ke timur arah Cawang.

8. Apabila terjadi kepadatan di sekitar Semanggi, alih arus akan dilaksanakan di Bundaran Senayan. Arus dari Jalan Pattimura atau Jalan Senopati atau Jalan Sisingamangaraja dialihkan ke Jalan Asia Afrika - Pakubuwono dan seterusnya.

9. Demikian juga arus lalu lintas dari jalan tol akan disesuaikan dengan distribusi arus menyesuaikan perkembangan di lapangan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.