Sukses

Jokowi: Kita Saudara Sebangsa, Mari Saling Tolong Menolong

Jokowi menggunakan perayaan Natal Nasional di Minahasa, Sulawesi Utara untuk mengingatkan persatuan dan kebhinekaan.

Liputan6.com, Minahasa - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan perayaan Natal Nasional di Minahasa, Sulawesi Utara untuk mengingatkan persatuan dan kebhinekaan. Karena itu sudah menjadi kewajiban setiap warga untuk saling menghargai.

Jokowi mengatakan, pada dasarnya setiap warga Indonesia merupakan saudara. Saling menghormati dan menolong sesama saudara merupakan hal yang lumrah.

"Karena kita saudara, marilah kita saling tolong menolong, saling bantu membantu, saling hormat menghormati, saling menghargai, saling melindungi, dan saling mengayomi di antara kita. Karena kita sebetulnya adalah saudara, saudara sebangsa dan saudara se-Tanah Air. Jangan lupakan itu," tegas Jokowi di Minahasa, Sulawesi Utara, Selasa 27 Desember 2016.

Sebagai saudara tentu tidak patut malah saling membenci, menghasut, fitnah, mencaci, dan berbagai hal buruk lainnya. Bila terus dibiarkan, Indonesia akan kehilangan identitas sebagai bangsa.

"Apabila itu diteruskan, bangsa kita akan menjadi bangsa yang lemah dan pesimis. Kita tidak mau itu terjadi. Kita harus menjadi bangsa pekerja keras, bangsa yang optimis, dan bangsa pemenang. Jangan sampai energi kita habis untuk hal-hal yang tidak produktif," ujar Jokowi.

Hadir dalam perayaan Natal Nasional kali ini di antaranya Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Ketua MPR EE Mangindaan, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan sejumlah pejabat negara lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.