Sukses

Arus Balik Libur Natal, Cipanas-Cianjur Sempat Macet 10 KM

Kemacetan terjadi mulai dari Riung Gunung, Kabupaten Bogor hingga Cipanas, Cianjur.

Liputan6.com, Bogor - Arus balik libur Natal 2016 di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dipadati kendaraan. Bahkan kemacetan dari arah Bandung menuju Jakarta sempat mengular hingga 10 kilometer.

Kemacetan terjadi mulai dari Riung Gunung, Kabupaten Bogor hingga Cipanas, Cianjur. Kemacetan parah terjadi sejak pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Panjangnya antrean terjadi akibat meningkatnya jumlah kendaraan yang menuju Jakarta. Ditambah lagi dengan diberlakukannya sistem one way dari arah Jakarta menuju Puncak.

Petugas memberlakukan satu arah dari Jakarta menuju Puncak karena terjadi antrean panjang kendaraan mulai sebelum pintu keluar Tol Ciawi hingga Simpang Gadog.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Erik Bangun Prakasa mengatakan, sempat terjadi kemacetan parah di kedua arah. Ini terjadi akibat adanya rekayasa lalu lintas atau diberlakukannya satu arah dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak dan Cianjur Senin pagi hingga siang.

"One way ini imbasnya ke Cianjur. Namun ini salah satu cara untuk mengurai kepadatan karena masih tingginya pengunjung ke kawasan Puncak pada hari terakhir libur Natal," terang dia.

Namun demikian, jumlah kendaraan dari arah Bandung yang akan melewati Puncak terus meningkat sehingga kendaraan yang menuju Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang dialihkan ke jalur Sukabumi dan Jonggol.

"Salah satu cara untuk mengurai kemacetan kami lakukan pengalihan arus kendaraan," jelas Erik.

Setelah pengalihan arus dan diberlakukannya satu arah dari Cianjur menuju Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB, kemacetan di kawasan Cipanas, Cianjur hingga Cisarua, Bogor mulai mencair.

Bahkan, pada pukul 18.00 WIB, arus kendaraan dari Cipanas Simpang Gadog terpantau ramai lancar. Meskipun adanya kepadatan di beberapa titik lokasi, namun tidak sampai membuat kemacetan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.