Sukses

BMKG: Siklon Tropis Yvette Melemah di NTT

Siklon Tropis Yvette inilah yang menyebabkan banjir di Bima.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi EL Tari Kupang mencatat siklon tropis Yvette yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur melemah. Siklon inilah yang membuat banjir bandang di Bima, NTT.

"Sikon tropis Yvette, semenjak malam tadi melemah intensitasnya menjadi Tropical Low. Meski diprediksi akan kembali menguat pada Sabtu 24 Desember dini hari," kata Prakirawan dari BMKG Stasiun Meterologi EL Tari Kupang, S Nenotek, di Kupang, Jumat (23/12/2016).

Menurut dia, siklon tropis Yvette diprediksi bergerak ke arah Tenggara, sehingga akan semakin menjauhi wilayah Indonesia, termasuk wilayah Nusa Tenggara Timur. Demikian dilansir dari Antara.

Berdasarkan hasil analisis terakhir, dampak tidak langsung siklon tropis Yvette untuk wilayah Indonesia adalah angin kencang. Ini terjadi di wilayah Jawa Timur bagian selatan, Bali, NTB, dan NTT.

Selain itu, gelombang laut dengan ketinggian 2,5-4 meter di perairan selatan Jawa Timur hingga Pulau Sumba, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Laut Sawu bagian selatan, Laut Jawa, Laut Bali, Laut Sumbawa, dan Laut Flores bagian barat.

Gelombang laut dengan ketinggian lebih dari 4,0-6,0 meter di Samudra Hindia selatan Lombok hingga Pulau Sumba.

"Saat ini siklon tropis sudah mulai melemah, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai dampak dari siklon tropis Yvette," Nenotek menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.