Sukses

Menteri Yohana Ziarah ke Makam Pahlawan Perempuan Indonesia

Jelang peringatan Hari Ibu ke-88, Menteri Yohana Ziarah ke Makam Pahlawan Perempuan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Menjelang Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-88 Tahun 2016 pada 22 Desember 2016, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise bersama enam (6) organisasi perempuan, yakni Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Oase, Dharma Pertiwi, Kowani, Bhayangkari, Dharma Wanita Persatuan serta lembaga terkait melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Selasa (20/12).

Acara dimulai dengan upacara penghormatan yang dipimpin Ibu Wakil Negara Indonesia, Mufidah Jusuf Kalla.

“Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengingatkan kita semua untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi kemerdekaan. Oleh karena itu, peran perempuan sangat penting dalam mengisi kemerdekaan,” ujar Menteri PP dan PA, Yohana Yembise usai melakukan ziarah dan tabur bunga di TMP Kalibata, Jakarta.

Dalam kegiatan ziarah dan tabur bunga kali ini, Menteri Yohana dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla menabur bunga di beberapa makam pahlawan, terutama pahlawan perempuan, seperti Ainun Habibie, Rooslilaa, dan Ratu Emma Norma Sudarmono.

"Suasana tabur bunga cukup mengharukan karena kegiatan ini dilakukan sebagai momentum untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa pahlawan, khususnya para pahlawan perempuan yang gugur di medan perang. Perempuan Indonesia saat ini harus bangkit untuk mengisi kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan kita,” tambah Menteri Yohana.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Peringatan Hari Ibu ke-88 Tahun 2016 juga diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti, pameran Katumbiri yang diadakan sejak 30 November - 4 Desember 2016 di JHCC, Jakarta, bakti sosial di Lapas Tangerang, Banten pada 6 Desember 2016 dan Garut, seminar pada 15 Desember 2016, funwalk pada 18 Desember 2016, ziarah pada 20 Desember 2016 di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, dan Puncak PHI ke-88 yang akan diselenggarakan di Serang, Banten pada 22 Desember 2016 mendatang, serta upacara bendera dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan, baik di tingkat nasional maupun di setiap Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Powered By:

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini