Sukses

Fadli Zon Minta TNI Tidak Beli Alutsista Bekas atau Hibah

DPR, kata Fadli Zon, sangat mendukung upaya memodernisasi alutsista TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Hercules TNI AU C-130 HS dengan kode penerbangan A-1334, jatuh di Wamena, Papua pada Minggu pagi kemarin. Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendorong, agar alutsista TNI dibeli yang baru bukan barang bekas atau hibah dari negara tertentu. 

"Jadi sebaiknya kita tidak beli barang bekaslah. Saya kira kita bisa merencanakan anggaran yang ada untuk membeli alutsista yang terbaik bagi TNI kita," kata Fadli Zon di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/12/2016).

DPR kata Fadli, sangat mendukung upaya memodernisasi alutsista TNI. Namun tentu dengan perhitungan yang cermat dan sesuai kebutuhan yang ada. Pembelian pesawat bekas atau hibah, kata Fadli, perlu dipertimbangkan. Sebab pesawat tersebut sudah berusia lanjut.

"Di masa yang akan datang perlu dipertimbangkan. Karena pesawat itu sudah berumur sekali. Meskipun diperbaiki, ada modernisasi, ada pergantian spare part di sana sini tapi tetap pesawat yang sudah tua," ujar Fadli Zon.

Terkait anggaran pembelian alutsista, politikus Partai Gerindra ini menilai bukan jadi masalah. Meski anggaran terbatas, pembelian diharapkan mempertimbangkan kebutuhan.

"Kalau misalnya anggaran kita terbatas, bisa memilih prioritas mana yang kita lebih dahulukan. Pada prinsipnya kita mendukung revitalisasi dan memodernisasi alutsista TNI," Fadli menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini