Sukses

Edukasi Pentingnya Kesehatan Ibu Hamil di Fun Walk Ibu Sehat

Fun Walk Ibu Sehat, Indonesia Sehat 2016 bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan atau mungkin bahkan ribuan perempuan dari berbagai organisasi perempuan dan masyarakat umum, baik anak muda maupun ibu-ibu memadati VIP Carpark Plaza FX Sudirman, Jakarta, Minggu pagi (18/12) untuk mengikuti kegiatan Fun Walk Ibu Sehat, Indonesia Sehat 2016.

Kegiatan Fun Walk Ibu Sehat, Indonesia Sehat 2016 diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) didukung oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani), APPI (Aliansi Pita Putih Indonesia), KlikDokter.com serta PRENAGEN ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil.

Selain itu, kegiatan Fun Walk Ibu Sehat, Indonesia Sehat 2016 juga menjadi sarana sosialisasi dan dukungan nyata untuk mendorong penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan. Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyoga mengatakan Indonesia merupakan negara dengan Angka Kematian ibu melahirkan tertinggi di Asia Tenggara. Dari setiap 100.000 kelahiran hidup di Indonesia, terdapat 359 ibu yang meninggal dunia demi melahirkan bayi yang dikandungnya.

"Angka ini merupakan kondisi terkini Indonesia yang tercermin dari Laporan Survei Demografi Kesehatan Indonesia Tahun 2012," jelas Giwo dalam konferensi pers di FX Sudirman, Jakarta, Minggu (18/12). Angka ini, kata Giwo, sekaligus menunjukkan jauhnya pencapaian Indonesia dalam mengejar target penurunan AKI tahun 2015 yakni sebesar 102 dari setiap 100.000 kelahiran hidup.

"Jika kita dapat menyosialisasikan, bersinergi, dan bekerjasama dengan seluruh organisasi dan elemen masyarakat, ada kemungkinan kita dapat mencapai target angka 70 per 100.000 di tahun 2030," jelasnya.

Dalam sambutannya, Sekretaris Menteri PPPA, Wahyu Hartomo mengapresiasi dan mendukung kegiatan Fun Walk dalam rangka peringatan Hari Ibu. Seperti halnya Kementerian PPPA yang setiap tahun juga rutin menggelar acara dalam rangka peringatan Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2016.

"Melalui rangkaian peringatan Hari Ibu, marilah kita bersama-sama mendukung upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan. Melalui acara ini sekaligus menjadi ajang sosialisasi tentang hak-hak perempuan dan edukasi kesehatan," ujar Wahyu Hartomo. Angka kematian ibu melahirkan, dikatakan oleh Wahyu, masih sangat tinggi sehingga Ibu-ibu perlu mawas diri, merawat diri mulai dari kandungan sampai melahirkan dan dengan pemeriksaan rutin.

Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Wahyu Hartomo

"Keputusan melahirkan juga sangat memengaruhi. Pertama, suami juga harus mendukung istri dalam rangka proses melahirkan. Kedua, pengambilan keputusan harus cepat apakah harus lahir normal atau caesar. Ini sangat memengaruhi sekali. Kalau keputusan lama, nanti bisa fatal," jelas Wahyu.

Lebih lanjut, Wahyu berharap acara Fun Walk Ibu Sehat, Indonesia Sehat dapat diselenggarakan di daerah sehingga sosialisasi dan gema untuk menurunkan angka kematian ibu melahirkan dapat tersampaikan secara langsung dan menjadi gerakan Nasional.

"Target 102/100.000 memang masih sulit dicapai, tapi kita harus memeranginya demi menurunkan angka kematian ibu melahirkan," tutur Wahyu.

"Kami akan selalu mendukung kegiatan dan acara seperti ini (Fun Walk Ibu Sehat) untuk menuju Ibu Sehat, Indonesia Sehat," tambah Wahyu.

Selain mendukung upaya menurunkan angka kematian ibu melahirkan, pada peringatan Hari Ibu Tahun 2016 Kementerian PPPA juga menyosialisasikan program Three End yakni (1) Akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak; (2) Akhiri perdagangan orang; dan (3) Akhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan.

Berjalan sehat dengan cara yang menyenangkan akan membuat tubuh sehat dan rileks sehingga ibu akan merasa lebih bahagia dalam menjalani harinya. Tak terbatas hanya ibu hamil, acara jalan sehat ini juga sebagai langkah nyata sekaligus popular dalam menggiatkan kembali usaha-usaha menurunkan angka kematian ibu hamil dan melahirkan.

Selain jalan sehat, peserta dapat mengikuti Demo Memasak dan Talkshow dengan Pakar Gizi yang akan berbagi informasi dan edukasi tentang pengolahan masakan dan sumber gizi utama bagi ibu selama menjalani kehamilan.
Mari bersama melangkah pasti dalam Fun Walk agar tubuh sehat, fit, dan siap untuk melahirkan calon-calon pemimpin bangsa selanjutnya. Ibu Sehat, Indonesia Sehat!

 

Powered By:

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini