Sukses

Jelang Tahun Baru, Produsen Kalender Raup Untung Puluhan Juta

Untuk mengerjakan pesanan yang menumpuk, pabrik kalender merekrut karyawan tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang tahun baru, banyak masyarakat memburu kalender. Hal ini membuat produsen kalender mendapat keuntungan berlipat.

Salah satunya, produsen kalender "Sinar Bungur" di kawasan Poncol, Senen, Jakarta Pusat.

Pabrik yang menggeluti produksi kalender sejak 1952 itu memetik keuntungan hingga puluhan juta jelang tahun baru.

"Iya keuntungannya hingga Rp 10 juta," ujar Fat (53), staf keuangan Sinar Bungur di Poncol, Senen, Jakarta Pusat, Jumat 16 Desember 2016.

Fat mengatakan, tidak seperti biasa perusahaannya banyak menerima pesanan hingga 1.000 kalender per perusahaan menjelang pergantian tahun. Terlebih musim pilkada daerah.

"Banyak banget pesenan kalau lagi kaya gini. Ini aja belum jadi semua pesenannya paling jadi Januari atau Februari," kata Fat.

Fat mengatakan, kalender ini dikirim ke beberapa daerah seperti Palembang, Lampung, Purwekerto, Padang, dan Cirebon.

Untuk mengerjakan pesanan yang menumpuk, mereka pun merekrut karyawan tambahan.

"Kami menambah karyawan hingga 40 orang soalnya banyak yang mesen, biasanya mah karyawan kami hanya 20 orang," ujar Fat.

Fat mengatakan, paling murah kalender ini dihargai dengan Rp 6,5 persentimeter. Sebab ia juga bekerja sama dengan percetakan untuk mencetak gambar yang menghiasi kalender tersebut.

"Ya kami itu hanya menerima hasil cetakannya lalu kami pasang kalengnya (tempat gantungan untuk di paku)," tutur Fat. (Cynthia Lova)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.