Sukses

Kapolri: Perekrutan Pengantin Wanita Modus Baru Teroris Indonesia

Namun, perekrutan perempuan ini bukan hal baru di dunia terorisme. Dia mencontohkan bom untuk Rajiv Gandhi, perdana menteri keenam India.

Liputan6.com, Jakarta - Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri mengungkap jaringan teroris Bahrun Naim di Bekasi dan sejumlah tempat lainnya. Dua di antaranya adalah perempuan. Salah satunya berperan sebagai pengantin yang akan meledakkan bom di Istana Kepresidenan.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan perekrutan wanita dalam terorisme merupakan modus baru di Tanah Air.

"Ya, itu modus baru. Mereka menggunakan wanita," ujar Tito usai sertijab sejumlah kapolda di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Menurut dia, hal ini bukan hal baru di dunia terorisme. Dia mencontohkan bom yang ditujukan ke Rajiv Gandhi, perdana menteri keenam India. Saat itu, pengantin bomnya seorang perempuan.

"Kita ingat bomnya Rajiv Gandhi, bom bunuh diri dikalungkan dengan bunga. Ternyata bunga itu adalah kabel yang merupakan bahan peledak. Yang mengalungkan adalah wanita. Itu yang di India, kemudian di Suriah, Irak, Afghanistan, di Jordan juga sangat biasa. Karena wanita dianggap lebih tidak mencurigakan," Tito menjelaskan.

Dia mengatakan, Densus 88 telah menangkap mulai dari pembuat, penerima dana, pengantin pembantu, dan surveyor jaringan teroris Bekasi ini. Mereka berencana meledakkan bom panci dengan pengantin perempuan di Istana Kepresidenan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.