Sukses

Kilas Indonesia: Danau Singkarak Menghitam, Ikan Mati Massal

Fenomena ini akibat seringnya gempa lokal tektonik pada segmen tsunami

Liputan6.com, Jakarta - Air Danau Singkarak berubah warna menjadi hitam. Hal ini ternyata bukan fenomena alam biasa, namun terjadi akibat seringnya gempa lokal tektonik pada segmen tsunami, yakni bagian dari sesar semangko yang berada di Danau Singkarak.

Akibat peristiwa ini, ikan bilih sebagai ikan asli Danau Singkarak, mati massal. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (15/12/2016).

Di Jakarta Selatan, belasan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggeledah kediaman Rachmawati Soekarnoputri di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Diduga, penggeledahan tersebut berkaitan dengan sangkaan perbuatan makar.

Di Banyumas, Jawa Tengah, warga Kampung Kedung Longsir, Desa Kracak, yang terisolir terpaksa menyeberangi sungai yang berarus deras akibat hujan.

Satu-satunya jembatan yang menghubungkan dua desa, kondisinya rusak berat dan membahayakan keselamatan warga.

Sementara di Kupang, Nusa Tenggara Timur, jasad penusuk tujuh bocah SD Negeri Seba, Sabu Rai Jua masih berada di Rumah Sakit Bhayangkara. Polisi yang berjaga selama dua hari berharap, jasad Irmansyah segera diambil pihak keluarga.

Karena, peristiwa berdarah itu sempat mempengaruhi emosi masyarakat setempat.

Saksikan video selengkapnya di tautan ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.