Jokowi Akan Hadiri Peringatan Hari Bela Negara di Kota Padang

Oleh Liputan6 pada 14 Des 2016, 09:50 WIB
Diperbarui 14 Des 2016, 09:50 WIB
jokowi padang
Perbesar
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Ketua DPD Irman Gusman menabuh bedug di acara Takbir Akbar, Selasa (5/7/2016). (Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghadiri peringatan Hari Bela Negara (HBN) di Kota Padang, Sumatera Barat pada Senin 19 Desember mendatang.

"Rencana kedatangan Presiden ini telah kami terima dari perwakilan Kementerian Pertahanan RI Kolonel Laut Syahril Bakri kemarin," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansyarullah di Kota Padang seperti dikutip dari Antara, Rabu (14/12/2016).

Menurut dia, kedatangan Presiden amat penting mengingat Hari Bela Negara memiliki kaitan dengan sejarah pemerintahan Indonesia.

"Hari Bela Negara tercetus karena adanya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumbar saat itu, sehingga menjadi bagian dari sejarah pemerintahan," kata Mahyeldi.

Dia menyebutkan, pada peringatan Hari Bela Negara mendatang akan ada lomba lari 10 K yang direncanakan diikuti 15 ribu peserta. Kemudian kegiatan karnaval budaya yang pakaian dan atribut lainnya bernuansa nasionalisme dan bela negara atau perjuangan.

"Kami harapkan Presiden hadir sehingga kegiatan lebih semarak dan meriah," ujar Mahyeldi.

Dia berharap partisipasi aktif masyarakat, khususnya warga Kota Padang guna menyemarakkan salah satu hajatan besar tersebut.

Sementara itu, perwakilan dari Kementerian Pertahanan RI Kolonel Laut Syahril Bakri mengatakan, dari sekian banyak daerah, Kota Padang menjadi yang paling giat membangun sektor kemaritimannya.

"Inilah alasan pemerintah menunjuk Padang sebagai pusat peringatan Hari Bela Negara tersebut," kata Syahril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya